Lima Tokoh Inspiratif Ulul Azmi

Kamis, 28 Desember 2017 - 11:34 WIB | Dilihat : 514
Lima Tokoh Inspiratif Ulul Azmi Ilustrasi

Allah SWT telah menganugerahi sebuah gelar kemuliaan terhadap lima tokoh para Nabi. Mereka adalah tokoh-tokoh yang dimuliakan dan ditinggikan oleh seluruh alam semesta, yang biasa disebut oleh kaum Muslimin sebagai Rasul Ulul Azmi.

Rasul Ulul Azmi ini memiliki sebuah makna tersendiri: Para Rasul yang memiliki ketabahan serta kesabaran yang luar biasa, yang memiliki jiwa penghidupan yang kuat, yang memiliki ketegaran dan keteguhan jiwa dalam menghadapi ribuan masalah maupun cobaan di ruang lingkup kehidupan yang Allah berikan.

Rasul Ulul Azmi ini terdiri dari lima pelopor yang dimuliakan dan diagungkan oleh seluruh penghuni jagat raya. Mereka inilah yang bisa kita kenal dengan "Nimim", singkatan dari Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad. 

Mengapa Allah menganugerahi kemuliaan kepada lima tokoh tersebut? Sebuah pertanyaan yang akan dijawab oleh sebuah alasan, di sisi Allah SWT, melalui pandangan dan pengelihatanNya, bahwa setiap sisi kehidupan lima tokoh Ulul Azmi tersebut mengalami kehidupan yang sangat keras dan memiliki cerita tersendiri. Kehidupan mereka dipenuhi ribuan masalah serta pahit getirnya kehidupan dalam berdakwah kepada seluruh insan di muka bumi ini. Bagi mereka, dizhalimi, tak dihormati dan dihina manusia sudah biasa, bahkan telah kenal dengan ujian-ujian seperti itu, tentu dengan kekuatan kesabaran. Demi mematuhi perintah Allah dan mengerjakan syariatNya agar manusia selalu berada di dalam jalan Ilahi. Pada akhirnya, Allah istimewakan mereka.

Pada kisah gambaran ringkas para Rasul Ulul Azmi, banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita teladani, serta dapat kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. Di antaranya, dengan belajar menjadi seorang yang memiliki jiwa kesabaran dan hati yang ikhlas dalam menapaki kehidupan, dan menghadapi sejuta rintangan maupun musibah yang Allah berikan. Lantaran sesungguhnya, Allah berfirman dalam kitabNya yang mulia.

إن الله مع الصابرين

Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar (QS Al-Baqarah: 153)

Di balik karunia Allah dalam bentuk sebuah pahitnya masalah, terdapat sebuah kebahagiaan dan segudang hikmah yang dapat kita tuai. Mengapa? Karena masalah itu mengajarkan kita kebesaran, dan memberikan kekuatan. Karena Allah Maha Mengetahui apa yang makhluknya tidak ketahui. Wallahu'alam bishawab

Oleh: Dini Mufidah, Santri dan Rohis SMP Tahfidz Ar-Rasyid
Editor: Ilham Martasya'bana

0 Komentar