Hindun, Wanita Kejam yang Akhirnya Masuk Islam

14 November 12:43 | Dilihat : 806
Hindun, Wanita Kejam yang Akhirnya Masuk Islam Ilustrasi film Omar, Wahsyi dan Hindun

Hindun binti Utbah, tadinya saat masih musyrik adalah seorang wanita yang kejam di suku Quraisy. Ia merupakan wanita yang sangat cerdas dalam berpendapat demi memusnahkan kaum Muslimin di saat perang Badar berkecamuk pertengahan Ramadhan 2 Hijriyah. Pada saat itu, baik ayah dan anaknya Hindun mengikuti perang tersebut. Ternyata di dalam perang itu ayah dan anaknya Hindun tewas di tempat lantaran tebasan pedang dari Hamzah bin Abdul Muthalib si Singa Padang Pasir.

Di mulai dari situlah, Hindun pun mendapat penyakit hati. Ia ingin balas dendam kepada Hamzah, karena Hamzah membunuh ayah dan anaknya. Akhirnya, istri dari Abu Sufyan bin Harb ini merencanakan siasatnya untuk balas dendam kepada Hamzah.

Setahun kemudian, waktu pecah perang Uhud bulan Syawal tahun 3 Hijriyah, lagi-lagi jumlah kaum Muslimin lebih sedikit daripada kaum Quraisy. Di situlah Hindun melihat banyak kaum kafir yang ditebas oleh Hamzah, Hindun pun semakin kesal. Memang, sudah terbesit dalam benaknya cara untuk membunuh Hamzah.

Ia memerintahkan budaknya, Wahsy untuk mengambil jantungnya Hamzah. Wahsy pun mengikuti saja apa yang Hindun inginkan. Pada saat Hamzah di medan perang, ia nampak sedang sendirian dan tidak memperhatikan Wahsy. Wahsy melemparkan tombaknya yang menembus dada Hamzah hingga meninggal.

Wahsy mengabarkan berita ini kepada Hindun, Hindun yang pandai bersyair ini pun bergembira. Tidak hanya itu saja, pada saat itu Hindun mendatangkan jenazah Hamzah, ia cabik-cabik jenazahnya untuk diambil jantungnya.

Ketika Rasulullah mengetahui bahwa Hamzah telah meninggal, beliau amat bersedih. Namun pada akhirnya, beberapa tahun kemudian kaum Quraisy terkalahkan juga oleh pasukan Rasulullah SAW. Tepatnya pada peristiwa Fathul Makkah bulan Ramadhan 8 H. Makkah pun telah dikuasai oleh kaum Muslimin.

Bukan hanya itu juga, lantaran kota Makkah dikuasai oleh kaum Muslimin, kaum Quraisy pun masuk Islam dengan berbondong-bondong. Tidak ketinggalan Hindun binti Utbah, ia menjadi wanita shalihah setelah masuk Islam. Radhiyallahu'anha Hindun binti Utbah.


Diah Nurlita Selli, Santri SMP Tahfidz Ar-Rasyid
editor: Ilham Martasya'bana

0 Komentar