Tak Perlu ke Salon, Enam Ramuan Madu Ini Buat Wajah Jadi Bening

Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:26 WIB | Dilihat : 3353
Tak Perlu ke Salon, Enam Ramuan Madu Ini Buat Wajah Jadi Bening Ilustrasi: Madu

SI Online - Ratusan ribu bahkan jutaan rupiah acapkali rela dikeluarkan sebagian wanita demi mendapatkan kulit yang terlihat sempurna. Ya, dari menggunakan beragam produk perawatan kulit wajah, hingga rutin datang ke salon dan klinik kecantikan tak jarang dilakoni agar kulit terlihat bersih, cerah, dan halus berkilau.

Bagi yang memiliki anggaran berlimpah untuk hal demikian, tentu tidak menjadi masalah. Lalu, apa iya untuk memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat saja harus menyediakan anggaran sedemikian besar? 

Tentu tidak selalu, sahabat Muslimah. Allah Swt menciptakan alam raya dengan beragam kekayaannya bisa kita manfaatkan tak terkecuali untuk merawat kesehatan dan segala yang Allah karuniakan. Termasuk diantaranya adalah bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Nah, kita hanya perlu bersungguh-sungguh dan sabar dalam menjalani prosesnya.

Di antara sekian banyak kekayaan alam yang dapat digunakan untuk merawat kulit wajah, madu adalah salah satu yang diyakini memiliki khasiat yang luar biasa. Bahkan hingga kini sudah banyak brand kosmetik yang menjadikan madu sebagai bahan untuk produk perawatan wajahnya. Madu diyakini bisa membuat kulit tampak lebih muda karena dapat menyamarkan keriput, garis-garis halus yang ada di wajah, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Selain mengurangi keriput, madu juga dapat membersihkan wajah. Kandungan antiseptik yang ada pada madu bekerja dengan baik membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serta jerawat pada wajah.

Kabar gembiranya, mencampur madu dengan bahan alami lain dapat membuat kinerjanya menjadi lebih efektif bagi kulit. Kita bisa melakukan pijat facial, facial scrub, masker, dan sebagainya dengan bahan dasar madu. Nah, berikut adalah perawatan wajah yang dapat kita buat sendiri di rumah dengan menggunakan madu.

Madu & Lemon

Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh perasan lemon, kemudian pijat wajah menggunakan racikan madu tersebut selama 20 menit. Setelah dipijat, biarkan selama 20 menit lalu basuh wajah menggunakan air hangat. Perawatan ini dapat membuat kulit menjadi lebih segar dan berkilau.

Madu & Pepaya

Haluskan beberapa potong pepaya dan campur dengan 1 hingga 2 sendok teh madu untuk membuat tekstur yang tebal seperti pasta. Aplikasikan ke wajah dengan disertai pijatan yang lembut, biarkan selama 15 menit kemudian cuci wajah hingga bersih. Rutin melakukan perawatan ini dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat waah kita menjadi lebih cerah dan tampak lebih putih.

Madu & Gula Pasir / Garam

Campur satu sendok teh madu dengan satu sendok teh garam atau gula untuk membuat scrub. Aplikasikan pada wajah kemudian pijat dengan gerakan memutar, setelahnya biarkan selama 10 menit. Lalu selanjutnya kita bisa membasuh wajah. Setelah menggunakan scrub ini, alangkah baiknya segera gunakan pelembab. Perawatan ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah hingga waah cerah kembali.

Madu & Krim Susu

Campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh krim susu murni. Aplikasikan ke wajah kemudian pijat dengan lembut dengan gerakan memutar selama 15 menit. Setelahnya cuci wajah dengan air hangat. Perawatan ini akan mengurangi keriput yang ada di wajah dan membuat kulit wajah terlihat lebih muda.

Madu & Pisang

Untuk mendapatkan kulit yang lebih berkilau dan cerah, campurkan satu sendok teh madu dan 1/4 pisang yang sudah dihaluskan. Aplikasikan masker ini ke wajah dengan disertai pijatan yang lembut sekitar 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Madu, Air Mawar dan Kunyit

Kita bisa membuat masker wajah dari campuran kunyit, air mawar dan madu yang dapat menyembuhkan masalah pada kulit. Kita akan mendapatkan hasil kulit yang bersih dan berkilau dalam beberapa waktu setelah mengaplikasikan ramuan ini. Caranya, campurkan satu sendok makan madu, beberapa tetes air mawar dan dua cubitan kunyit bubuk. Aplikasikan campuran masker tersebut ke wajah, biarkan selama 15 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih.

Selamat mencoba ya, sahabat Muslimah. Jika ada yang mudah dan hemat, tidak perlu bukan mengupayakan yang repot dan mahal. Tapi ingat, keberhasilan bukanlah sesuatu yang bisa didapat secara instan. Semua tentu butuh proses dan kesabaran.

(Haifa HR)

0 Komentar