Rahasia Agar Tak Terlihat Tembem Saat Pakai Kerudung

Selasa, 16 Februari 2016 - 21:26 WIB | Dilihat : 2297
Rahasia Agar Tak Terlihat Tembem Saat Pakai Kerudung Ilustrasi: Muslimah Berkerudung

SI Online - Selain wajib hukumnya bagi Muslimah, memakai kerudung sebenarnya merupakan salah satu cara menyamarkan bentuk pipi yang tembem. Namun meski demikian, ternyata ada saja Muslimah yang merasa wajahnya, terutama pada bagian pipi terlihat lebih tembem saat memakai kerudung. 

Meski tidak mutlak adanya, tapi boleh diakui memang ada sebagian Muslimah yang nampak lebih chubby saat memakai kerudung. Entah karena persoalan bentuk wajah atau akibat salah menerapkan model kerudung, sehingga wajah pun nampak semakin bulat dan lebar.
 
Memang sih, ada sebagian teman-teman kita yang berkerudung tapi sedikit keliru dalam mengaplikasikannya. Jika pun sudah benar dalam memakai gaya model kerudung, tapi justru salah menambahkan detail atau aksesori sehingga malah kian terlihat gendut.
 
Penyebab wajah terlihat lebih tembem saat mengenakan kerudung sebenarnya didasarkan pada empat hal, pertama soal ukuran ketebalan dan panjang kerudung, kedua ialah soal jenis bahan dasar kerudung, ketiga terkait dengan aplikasi gaya kerudung, dan yang keempat ialah akibat tambahan aksesori yang sebenarnya ‘tidak begitu’ penting.
 
Tebal dan panjang kerudung yang terlalu berlebihan. 
 
Salah satu syarat busana Muslimah termasuk dalam hal ini kerudung, ialah terbuat dari bahan yang tidak menerawang. Selain itu, panjang kerudung pun mesti menutup dada. 
 
Nah, bagi pemilik wajah bulat dan kotak, ada baiknya memilih ukuran tebal dan panjang kerudung yang sesuai. Tak perlu terlalu tebal asal tidak menerawang. Juga tak perlu terlalu panjang, asal sudah menutup dada.
 
Jika model segi empat yang menjadi pilihan, ukuran panjang 200cm X 75cm atau 150cm X 75cm sudah sangat cukup untuk menutupi area kepala, dada dan leher dengan tepat. Jangan biarkan panjang dan tebal kerudung yang berlebihan membuat kita justru membiarkannya menjuntai atau dililit berulang kali sehingga membuat wajah semakin besar.
 
Tidak memerhatikan jenis bahan kerudung
 
Soal bahan dasar kerudung  juga sangat penting. Hindari bahan yang terlalu tebal, contohnya bahan pashmina atau bahan wol yang memberi struktur sehingga kesan wajah tidak luwes sekaligus kaku. Direkomendasikan memilih bahan seperti cerutti, sifon atau kaos yang bersifat jatuh dan tidak menerawang.
 
Aplikasi gaya kerudung yang keliru. 
 
Ada sebagian Muslimah yang menginginkan tampilan yang agak rame, sehingga menerapkan model gaya kerudung bertumpuk.
 
Nah, sebenanrya, selain akan menganggu pandangan mata, model gaya kerudung yang kelewat rame  juga memberi kesan wajah terlalu besar. Efeknya, tumpukan kerudung seakan menekan wajah dan membuat kontur wajah seperti sempit dan pendek.
 
Tambahan aksesori yang salah penempatannya. 
 
Sah-sah saja menambahkan aksesori pada kerudung yang kita pakai. Hal itu akan menjadikan kerudung tampak lebih manis. Tapi jangan lupa, penggunaan aksesori yang salah penempatannya justru menjadikan wajah jadi tampak  chubby.
 
Sebagai contoh, penambahan head pieces serta bros, jepitan, atau pin yang ukurannya terlalu besar, hal itu akan berdampak  pada wajah yang terlihat makin membesar.
 
Setelah berupaya menghindari penyebab pipi terlihat tembem, selanjutnya bagaimana agar wajah tampak tirus saat mengenakan kerudung?  
 
Rahasianya adalah kenakan ciput dalaman ninja model antem atau anti tembem. Selain mampu menutupi area luas di pipi, ciput antem juga memberi kesan wajah menjadi lonjong. Mesi begitu, perlu diingat untuk tidak mengenakan ciput terlalu ke belakang. Sebab hal itu akan menjadikan luas wajah nampak kentara. 
 
(Haifa HR)
 
0 Komentar