Muslimah, Ini Rahasia Miliki Kulit Selembut Kulit Bayi

Jumat, 12 Februari 2016 - 01:59 WIB | Dilihat : 3543
Muslimah, Ini Rahasia Miliki Kulit Selembut Kulit Bayi Ilustrasi: Wanita Muslimah
SI Online - Senang rasanya menyentuh kulit bayi yang halus dan lembut. Wajah yang bersih, menjadikan mata tak bosan menatap. Lalu, apa yang menjadikan kulit bayi bisa sedemikian lembut? Rahasianya ada pada kandungan hyaluronic acid (HA). Ya, sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Ketika masuk ke dalam tubuh, air harus ditangkap dan diikat agar bisa diolah. Inilah tugas utama HA.
 
Zat yang secara alami diproduksi tubuh ini dapat ditemukan di seluruh jaringan, termasuk di kulit ari (epidermis) dan jaringan ikat di bawahnya (dermis). Di sini HA mengisi celah kosong dan membantu memperbaiki sel-sel rusak agar kulit tetap elastis dan terhindar dari kerutan dini.
 
Semua orang, tanpa kecuali, pasti memiliki HA yang membuat kulit halus dan kenyal. Hanya saja, pada kulit bayi jumlahnya masih berlimpah. Seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh memproduksi zat ini akan berkurang. Di usia 20-an, misalnya, jumlah HA tinggal 80 persen. Angka ini kemudian turun drastis menjadi 65 persen dalam waktu 5 tahun. Saat memasuki usia 50 tahun, kandungan HA ada di kisaran 45 persen. Konsekuensinya, kulit terasa lebih kering dan kurang elastis.
 
Selain faktor usia, lingkungan yang buruk, seperti polusi tinggi dan paparan langsung sinar matahari, bisa mempercepat proses penurunan kandungan HA. Bila tak ada upaya perawatan yang tepat, kulit jadi tampak lebih kusam, pucat, bahkan berbintik hitam atau berjerawat.  Nah, apa yang harus dilakukan agar kandungan HA di dalam kulit kita tetap terjaga?
 
Sempurnakan Wudhu
Selain berpahala dan menggugurkan dosa, dilihat dari segi medis ternyata wudhu juga memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah. Hasil penelitian mengungkapkan, ketika kita beraktivitas di luar, debu-debu atau partikel kecil kotoran dapat meresap ke dalam kulit. Maka setelah berwudhu hilang sama sekali.
 
Yang kedua, dalam partikel kecil kadang  terdapat kuman jinak yang akan berbahaya jika dibiarkan. Dengan wudhu, maka hal tersebut dapat dikurangi penyebarannya, atau bahkan hilang sama sekali. Ketiga, air mengandung senyawa dan partikel yang luar biasa, sehingga semakin banyak menyentuh kulit maka akan semakin bermanfaat untuk kesehatan kulit
 
Bersihkan wajah 
Bisa jadi, ini bukan kali pertama kita mendapat tips untuk rutin membersihkan wajah pada malam hari. Sebagian dari kita mungkin malah sudah memasukkannya dalam ritual perawatan harian. Tapi, apakah caranya sudah tepat?
 
Merujuk penelitian di University of California-Irvine, seperti dikutip Huffingtonpost, sel kulit baru berkembang lebih cepat saat kita terlelap pada malam hari. Jadi, kita harus memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin.
 
Pertama-tama, tangan memang merupakan alat paling mudah dan efektif untuk membersihkan wajah. Namun, jangan lupa, sebelum tangan menyentuh kulit wajah, pastikan dulu kebersihannya. Sebab, tangan kita membawa miliaran bakteri yang juga salah satu penyebab utama beragam masalah kulit seperti jerawat. Jadi, cucilah dulu tangan hingga bersih sebelum membersihkan wajah.
 
Setelah tangan bebas kuman dan bakteri, kita bisa mengawali membersihkan wajah dengan krim pembersih. Sebarkan secara merata di wajah dan leher lalu pijat perlahan. Pijatan pada wajah ini penting karena mampu menstimulasi sel untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat mengencangkan kulit. 
 
Setelah itu, lap sisa krim menggunakan tisu wajah atau sponge khusus. Agar wajah benar-benar bersih dari sisa-sisa krim, gunakan sabun pencuci dan bilas dengan air.
 
Gunakan Pelembab (Krim siang / malam)
Sesudah wajah benar-benar bersih, tiba saatnya melembabkan kulit. Jangan berfikir krim pelembab wajah cukup digunakan pada pagi hari sebelum beraktivitas saja. Justru di malam hari adalah kesempatan mengembalikan kesegaran kulit. Agar maksimal, sebaiknya dimulai dengan membuka pori-pori kulit agar penyerapan pelembab menjadi lebih maksimal. Cara paling mudah adalah dengan meletakkan handuk yang sudah direndam air hangat—bukan panas—di wajah selama beberapa menit. Saat wajah masih sedikit basah sesudah handuk diangkat, oleskan pelembab secara merata.
 
Penting diingat, kita harus selektif memilih produk perawatan kecantikan, baik pembersih maupun pelembab dan yang lainnya. Yang pertama dan utama harus diperhatikan adalah produk yang kita gunakan harus benar-benar dipastikan kehalalannya. Kedua, pastikan produk tersebut aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit seperti merkuri dan hydroquinone.
 
Terakhir, potong mentimun yang sudah didinginkan dalam kulkas, lalu tempelkan irisan itu di kelopak mata. Potongan mentimun bisa menenangkan sekaligus mengurangi lebam pada mata dan area sekitarnya akibat kelelahan. Lalu, pejamkan mata dan bersantailah. 
 
Upayakan lakukan hal-hal tersebut secara rutin. Selain menghemat biaya ke salon, kulit juga akan sehat terawat dengan cara mudah. Sudah kewajiban kita bukan, mensyukuri karunia Allah dengan cara merawatnya. 
 

(Haifa HR) 

1 Komentar