Bukan ABG Tapi Jerawatan, Kenapa?

Selasa, 12 Januari 2016 - 02:00 WIB | Dilihat : 1906
Bukan ABG Tapi Jerawatan, Kenapa? Ilustrasi: Muslimah Menutupi Wajah
SI Online - Remaja, atau yang biasa dijuluki Anak Baru Gede (ABG) biasanya rentan mengalami masalah kulit yaitu wajah yang berjerawat. Setelah melewati usia belasan, umumnya jerawat sudah tidak menjadi masalah. Tapi ternyata, tak sedikit wanita yang masih 'berperang' dengan jerawat, bahkan setelah mereka berusia 30 hingga 40 tahunan. 
 
Sebelum menanggulangi, ada baiknya mengetahui sebab-sebab kenapa jerawat masih juga muncul di usia yang tak lagi belia, berikut ini:
 
Hormon
Naik-turunnya hormon sebelum menstruasi bisa jadi salah satu penyebab utamanya. Hormon yang paling berperan memunculkan jerawat adalah androgen, yang biasanya melonjak naik mendekati masa menstruasi, hingga menyebabkan ketidakseimbangan sebum kulit. 
 
Jerawat karena hormon umumnya terdapat pada dagu, leher dan punggung. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat akibat faktor yang satu ini. Kita bisa meminimalisirnya dengan lebih banyak mengonsumsi minum air putih dan rajin membersihkan wajah.
 
Stres
Saat stres karena pekerjaan, masalah keuangan, problem rumah tangga atau persoalan lainnya, tak perlu heran jika kita mendapati jerawat bermunculan. Itu juga menandakan bahwa tingkat stres yang kita alami sudah cukup tinggi. 
 
Saat  stres, kelenjar adrenal (terdapat di dekat ginjal) mulai memproduksi hormon stres yang disebut kortisol, dan melepaskannya untuk membantu tubuh mengatasi stres.
 
Sayangnya, produksi hormon ini bisa memicu produksi kelenjar minyak secara berlebih sehingga menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Solusinya, kenali penyebab stres, lalu atasi.
 
Polusi
Bagi yang tinggal di kota besar, pada umumnya kulit cenderung lebih bermasalah. Nah, jerawat yang ‘menghiasi’ wajah kita bisa jadi berasal dari polusi. Sebab, polusi udara akan membentuk lapisan kotor di permukaan wajah.
 
Bayangkan jika setiap hari kita berada di luar rumah dan terkena polusi dari asap knalpot, rokok dan yang lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa, selalu bersihkan wajah setiap kali pulang berpergian.
 
Salah Menggunakan Produk
Penggunaan kosmetik yang tak sesuai jenis kulit juga bisa memicu jerawat. Oleh karenanya, jangan gunakan sembarang kosmetik. Konsultasikan jenis kulit sebelum memilih suatu produk. Dan jangan lupa, gunakan hanya produk kosmetik yang halal dan aman. 
 
Makanan
Salah satu upaya memiliki kulit bebas jerawat adalah dengan menghindari mengonsumsi gorengan, makanan berlemak, kacang-kacangan dan kopi. 
Selain itu, jika kulit terkategori berminyak dan mudah berjerawat, batasi mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Yodium bisa memicu jerawat saat dikonsumsi berlebihan.   
 
Gula
makanan bergula tinggi juga faktor yang memengaruhi timbulnya jerawat. Saat mengonsumsi makanan kaya gula, hormon insulin yang berfungsi mengendalikan penggunaan karbohidrat dan lemak meningkat. Tak hanya itu, hormon yang dihasilkan kelenjar pankreas ini juga bisa meningkatkan hormon testosteron yang memicu produksi minyak berlebih. 
 
Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya kurangi konsumsi karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, lontong, atau makanan manis mengandung gula olahan.
 
Dengan mengetahui penyebab timbulnya jerawat di usia yang tak lagi belia, semoga akan memudahkan kita untuk menghindari hal-hal tersebut di atas. 
 
Selain itu, rajin membersihkan wajah, menggunakan produk kosmetika yang halal dan baik, serta menertibkan wudhu adalah hal-hal yang tak kalah penting yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih cerah bercahaya. 
 
(Haifa HR)

 

0 Komentar