Adiwidya Pasca Sarjana Forsi Himmpas dan Kamil ITB

Senin, 02 Desember 2013 - 17:48 WIB | Dilihat : 23238
Adiwidya Pasca Sarjana Forsi Himmpas dan Kamil ITB

Keluarga Mahasiswa Islam (KAMIL) Pascasarjana ITB bersama Forum Silaturahmi Mahasiswa Muslim Pascasarjana Indonesia (Forsi Himmpas Indonesia) pada  30 November - 1 Desember 2013 mengadakan rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana.

Rangkaian ini terdiri dari beberapa acara yang melibatkan universitas-universitas ternama di seluruh Indonesia. Salah satu agenda utama acara tersebut adalah Musyawarah Nasional Forum Silaturahmi Himpunan Mahasiswa Muslim Pasca Sarjana Indonesia (Munas Forsi Himmpas Indonesia) ke-2, yang sebelumnya diadakan di Universitas Gadjah Mada.

Munas Forsi Himmpas Indonesia ini melibatkan pertemuan buah pemikiran dari mahasiswa Pasca Sarjana dari Universitas-universitas di Indonesia, tentang pengembangan lembaga dakwah kampus khususnya dalam lingkungan Pasca Sarjana.

Pada munas ini juga dilakukan regenerasi pengurus Forsi Himmpas dengan terpilihnya Kamil ITB sebagai  Pusat Koordinasi Nasional (Puskornas) Forsi Himmpas Indonesia periode 2014 yang akan memiliki peran strategis dalam pendampingan dan pengembangan Himmpas di seluruh  kampus Indonesia. Dengan diselenggarakannya Munas Forsi Himpas Indonesia ini diharapkan terjadi sinergisitas pergerakan lembaga dakwah kampus pascasarjana dan menjadi wadah komunikasi serta pertukaran informasi lembaga dakwah kampus pascasarjana di seluruh Indonesia.

Acara Adiwidya Pasca Sarjana ini dilanjutkan dengan Seminar Nasional dan  diskusi panel Penulisan Lomba Essay pada tanggal 1 Desember  2013  yang bertajuk “Mahasiswa Pascasarjana sebagai Pilar Inovasi Nasional”.

Seminar ini menghadirkan 6 keynote speaker berskala nasional diantaranya Andika Fajar (Asisten Deputi SDM Iptek), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Suhono Harso (Ketua LPIK ITB), Warsito P Taruno (penemu rompi anti kanker), Iskandar (Direktur PT Biofarma), dan Donny P Januardhi (Badan Standard Nasional Indonesia). Dan menjadikan Kustomo  mahasiswa Pasca Sarjana dari Universitas Gadjah Mada sebagai pemenang lomba essay yang telah dijaring dari 25 peserta lomba.

Rangkaian acara Adiwidya Pasca Sarjana ini bisa dikatakan sukses, karena diikuti secara antusias oleh 69 mahasiswa Pascasarjana  yang merupakan delegasi dari 12 Universitas ternama di Indonesia yaitu UI, UNJ, ITB, UPI, UNSOED, UGM, UNDIP, UNS, UNESA,  ITS, UNHAS, dan IPB pada acara Munas Forsi Himmpas Indonesia dan berhasil melibatkan 257 peserta dalam seminar Nasional. Dengan kesuksesan acara ini diharapkan menjadi salah satu gaung eksistensi lembaga dakwah kampus khususnya di Pasca Sarjana di ranah nasional.

Humas Media Forsi Himmpas Indonesia

1 Komentar