Mahasiswa Al-Azhar Kairo Gelar Talkshow Ekonomi Syariah

27 April 11:12 | Dilihat : 184
Mahasiswa Al-Azhar Kairo Gelar Talkshow Ekonomi Syariah Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Kairo (SI Online) - Menyadari pentingnya Ilmu ekonomi, mahasiswa jurusan syariah di Universitas AlAzhar, Kairo, Mesir mengadakan kajian ekonomi syariah di Kairo. 

Kajian biasanya diadakan sekali sepekan dan mengambil waktu sekitar dua tahun. Topik yang dibahas beragam mulai dari pengenalan ilmu ekonomi, perbankan hingga pasar modal syariah. Kajian ini sudah dimulai sejak 2000 di bawah naungan PAKEIS (Pusat Kajian Ekonomi Islam) - ICMI Orsat Kairo yang saat ini dipimpin oleh Muhammad Rakhmat Alam, mahasiswa jurusan Syariah tingkat akhir di Al Azhar.

Hari Rabu (26/04) kemarin ini digelar acara wisuda untuk Angkatan 9 dan 10 yang sebelumnya diawali dengan acara talkshow oleh Luqyan Tamanni dan Murniati Mukhlisin, motivator Sakinah Finance. Acara talkshow dan wisuda yang diadakan di Wisma Nusantara, gedung wakaf ICMI Orsat Kairo ini dihadiri 24 wisudawan dan wisudawati.

Rahmat Alam mengatakan bahwa ilmu ekonomi ini diharapkan untuk dapat membekali mereka masuk ke kancah ekonomi di tanah air. Motivasi senada disampaikan Ahmad Budiman dalam sambutannya mewakili ICMI Orsat Kairo yang berdasarkan perkataan ulama bahwa "maa a'zhama hadza ad diin law kaana fihi rijal" (betapa agungnya agama ini jika terdapat para tokoh di dalam nya).

Untuk itu Murniati mengajak para wisudawan dan wisudawati dan semua yang hadir untuk menyebarkan ilmu syariah khususnya seluk beluk fiqh muamalah yang didapat untuk dapat menjadi rujukan bagi pembuat keputusan, praktisi ekonomi syariah dan keluarga-keluarga Indonesia pada umumnya. Dengan makin banyaknya pakar syariah yang aktif di industri diharapkan akan mempercepat terwujudnya keuangan syariah yang kaaffah, tutup Murniati.

red: shodiq ramadhan
 

0 Komentar