Paguyuban Muslimah Bogor Gelar Kajian tentang Kemuliaan Peradaban Islam

29 Januari 17:45 | Dilihat : 242
Paguyuban Muslimah Bogor Gelar Kajian tentang Kemuliaan Peradaban Islam Paguyuban Muslimah Bogor

Bogor (SI Online) - Paguyuban Muslimah Bogor menggelar acara silaturahmi dan bincang-bincang kekinian di Aula Bogor Agriland, Tegal Gundil Bogor Utara, Ahad (28/1/2018). Acara yang rutin diadakan setiap bulan ini dihadiri para tokoh muslimah Bogor dari berbagai komponen masyarakat.

Hadir sebagai narasumber Ustazah Ummu Salamah dan Ustazah Riril Nuril Huda. Dalam tausiyahnya, mereka mencermati kondisi umat saat ini, menyoroti sejumlah permasalahan di tengah masyarakat sekaligus menjelaskan bagaimana Islam memberikan solusinya.

Ummu Salamah menjelaskan tentang makna peradaban secara bahasa dan secara istilah yang menjadi "way of life" yang terbentuk dari sebuah pandangan. "Jadi jika politik demokrasi, ekonomi liberal kemudian iptek mengekor ke barat ditambah gaya hidup hedonis serba permissive maka saat ini kita berada dalam peradaban barat" jelas pengasuh rubrik tafsir radio Sipatahunan Bogor itu.

Ummu Salamah menjelaskan bahwa pemikiran umat Islam saat ini telah tersekularisasi, cara pandang kehidupan yang materialistik, sebagian kaum muslimin merasa kagum dengan peradaban barat menjadi bukti kekalahan dalam perang pemikiran.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada para peserta yang mayoritas adalah para tokoh di lingkungan masyarakat yang memiliki peran sebagai permata umat untuk bahu membahu melakukan perubahan dengan beramar makruf nahi munkar. 

Menurutnya, tugas penting yang harus dilakukan saat ini adalah membina umat Islam agar kembali memahami Islam sebagai ajaran agama sempurna, membuat kontak terarah di seluruh komponen umat agar bersatu dalam menegakan aturan-aturan Allah SWT dan menjadi mesin penggerak umat Islam. Hal itu dilakukan dengan harapan kemuliaan peradaban Islam bisa diraih.

rep: selvi

0 Komentar