Bandung Lautan Properti

28 Maret 07:00 | Dilihat : 639
Bandung Lautan Properti Kota Bandung [foto: alkhalifi-property.com]

Kira-kira itulah kata yang tepat untuk kota Bandung.  Mengapa?  Karena dalam tiga tahun terakhir ini industri properti di Bandung terus tumbuh.  Salah satu indikatornya adalah semakin banyak developer yang giat membangun proyek-proyek baru yang memikat investor lokal maupun asing. 

Sisi positifnya, memang Infrastruktur terus mengalami perbaikan.  Mulai dari pembangunan jalan,  transportasi publik,  taman-taman tematik dan yang terkesan adalah rencana proyek Bandung Technopolis.  Alhasil pesona Kota Kembang ini semakin memikat hati para developer dan investor properti.  Apartemen,  hotel,  perumahan,  dan mall kian tumbuh subur di sana.  Tidak mengherankan jika sebuah situs properti menobatkannya sebagai salah satu dari "5 Kota Terbaik Untuk Investasi Properti di Tanah Air.

Hanya saja area yang di pakai untuk pembangunan properti di Bandung ini banyak menyasar ke lahan- lahan hijau.. Padahal kawasan- kawasan lahan hijau dan resapan air dengan berbagai tanaman dan pohon yang ada di dalamnya tidak boleh dikonversi menjadi bangunan yang bisa merusak fungsinya.  Daerah ini masuk dalam katagori hima (daerah yang di proteksi)  agar tidak dirusak atau di alihfungsikan. 

Alih fungsi lahan yang terjadi saat ini pada dasarnya terjadi akibat politik pembangunan yang tidak jelas arahnya dan tidak terintegrasi.  Sehingga kebijakan pembangunannya cenderung pragmatis.  Seringkali pembangunan di satu sektor harus mengorbankan sektor lain.  Prinsipnya,  apa yang menguntungkan saat ini itulah yang dilakukan tanpa pertimbangan jangka panjang. 

Di sini (pemerintah)  harus melakukan tindakan tegas,  jika penggunaan lahan- lahan hijau tersebut bisa membahayakan kepentingan publik.  Seperti berkurangnya lahan pertanian yang akan berpengaruh pada ketahanan pangan,  meluapnya air sungai,  banjir rob air laut,  maupun banjir kiriman yang semuanya terjadi akibat penggunaan lahan yang tidak sebagaimana mestinya.  

Rosita, S.Pd
Wirausahawan dan pemerhati bisnis

0 Komentar