Panah-panah Fitnah Musuh Itu Sekarang Menuju Siapa?

03 Maret 17:06 | Dilihat : 2520
Panah-panah Fitnah Musuh Itu Sekarang Menuju Siapa? Ilustrasi

Sungguh sejarah memberikan pelajaran kepada kita bahwa yang berbahaya pada setiap zaman bukan karena sedikitnya sumber daya yang dimiliki, tetapi ilmu dan iman yang tidak digunakan semestinya. Ketika ilmu dan iman itu benar dan lurus maka ia akan membimbingnya kepada jalan kebenaran, tetapi ketika ia tidak memiliki ilmu dan iman yang benar maka ia menuju jalan kesesatan.

Sejarah memberikan pembelajaran kepada kita bahwa salah satu sebab kemunduran Daulah Utsmaniyah karena adanya tsunami dahsyat dalam aspek ilmu dan iman yang menimpa umat Islam saat itu, tsunami dahsyat itu meliputi:

1. Membatasi konsep ibadah hanya dalam ritual peribadahan yang sempit.
2. Pemikiran sekte sesat menyebar luas di kalangan umat Islam.
3. Lemahnya akidah al-wala (loyalitas)’ dan al-bara (menjauhi)’. Jauhnya umat Islam dari akidah yang lurus. Bahkan, akidah yang lurus ini diperangi.
4. Adanya program sekulerisasi dan westernisasi sebagai hasil infiltrasi kaum kafir ke sistim pemerintahan Islam saat itu.
5. Tertipunya masyarakat muslim saat itu pada skenario musuh sehingga bersikap dan berpihak kepada skenario musuh yang sesat dan menyesatkan.

Inilah salah satu sejarah singkat yang menyebabkan dan mengawali fase keruntuhan Daulah Utsmaniyah.

Oleh karena itu, umat Islam sekarang harus belajar dari sejarah. Belajar mencari ilmu yang benar dan iman yang lurus. Sehingga kita bisa berpikir, berkata, berpihak dan bersikap yang lurus dan benar.

Lalu pertanyaannya, kepada siapa kita harus belajar ilmu yang benar dan lurus? kepada siapa kita harus berpihak dan bertindak yang benar dan lurus?

Maka untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita belajar kepada sejarah. Belajar kepada sejarah Imam Syafie, saat ditanya oleh salah satu muridnya. Simaklah baik-baik!

Pada suatu hari Murid Imam Syafie bertanya kepada Beliau:

Murid: Wahai Imam, nanti diakhir zaman kelak akan lahir ramai pemimpin yang zalim, jadi bagaimana kami ingin tahu pemimpin yang berjuang pada landasan yang betul?

Imam Syafie menjawab: Kalau kamu ingin mengetahui, kamu carilah pemimpin yang banyak panah-panah fitnah menuju kepadanya. Maka kamu ikutilah pemimpin yang banyak difitnah karena sesungguhnya dia sedang berjuang di jalan yang benar.

Maka sama halnya saat ini, kepada ulama yang mana kita harus belajar ilmu dan iman yang benar?

Jawabannya adalah kepada ulama dimana panah-panah fitnah itu menuju. Maka kita ikutilah ulama yang banyak difitnah karena sesungguhnya dia sedang berjuang di jalan yang benar. 

Wallahua'lam, semoga bermanfaat

Kang Alam
Sahabat Subuh Community

0 Komentar