Jangan Lakukan Ini di Media Sosial Jika Ingin Rumah Tangga Aman

Selasa, 05 Januari 2016 - 06:12 WIB | Dilihat : 14359
Jangan Lakukan Ini di Media Sosial Jika Ingin Rumah Tangga Aman Ilustrasi: Muslimah Berinteraksi Melalui Ponsel

SI Online - Perkembangan teknologi tentu sangat menunjang seseorang untuk lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Namun bagai dua bilah mata pedang, keberadaan twitter ataupun facebook tidak hanya membawa dampak positif , melainkan juga dapat menimbulkan dampak negatif, tak terkecuali bagi kelangsungan kehidupan berumah tangga.

Ibarat senjata, fungsi media sosial adalah bergantung pada siapa penggunanya. Oleh karenanya, sebagai seorang Muslimah, Istri, dan juga Ibu bagi anak-anak kita, sudah selayaknya kita gunakan media sosial untuk hal-hal yang benar-benar penting dan bermanfaat. Jauh lebih baik jika media sosial dapat digunakan sebagai sarana amar makruf nahi munkar.
 
Namun tak dapat dipungkiri, setan kadang pandai menemukan celahnya. Jika tidak super hati-hati, kita bisa jadi menganggap biasa berbagai tindakan di media sosial, walaupun sebenarnya hal itu adalah jalan menuju keburukan dan mudharat yang besar, khususnya bagi para Muslimah.
 
Lalu, apa saja tindakan yang harus kita hindari dalam beraktivitas di media sosial?
 
Berikut hal-hal yang sebaiknya pantang dilakukan Muslimah –terlebih yang sudah menikah— agar tidak terjerumus pada akibat yang penuh kemudharatan bagi kelangsungan rumah tangga:
 
Terlalu Sering Online
 
Tidak masalah, jika online-nya kita di media sosial adalah untuk hal-hal yang positif. Menyampaikan pesan-pesan dakwah, misalnya. Atau meng-update barang dagangan jika profesi kita memang seorang pedagang online. Namun hati-hati, jika bisa lupa makan dan minum hanya demi berhubungan dengan teman-teman melalui chatting online atau membalas mention-mention di Twitter, Instagram atau Path, tentunya tidak ada manfaat lebih yang bisa diperoleh. Yang ada justru pekerjaan terbengkalai, anak terabaikan, suami pun bisa uring-uringan.
 
Saling Berbalas Komentar dengan Lawan Jenis
 
Jika seringkali berkomentar ataupun mengomentari status lawan jenis yang tidak lain adalah teman pada akun jejaring sosial, maka waspadalah dan jangan ragu untuk sejenak memuhasabah diri. Sebab tanpa disadari, hal demikian sudah merupakan langkah awal untuk menjalin kedekatan dan komunikasi yang akrab dengan lawan jenis tersebut. 
 
Sekali lagi, hati-hati, pepatah Jawa bilang, “Witing Tresno Jalaran Seko Kulino”, rasa cinta tumbuh akibat terbiasa. Terbiasa apa? Terbiasa berkomunikasi yang tidak terlalu penting, terbiasa berbalas komentar di facebook, dan terbiasa-terbiasa lain yang kita anggap biasa tapi jika kebablasan bisa menjadi jalan kehancuran. Na’udzubillahi min dzalik.
 
Menutup-nutupi Password
 
Jika memang suami tidak menanyakan, dalam artian woles saja terkait password kita, tak jadi masalah tidak diberitahu apa password kita. Tapi jika memang suami bertanya, tak ada salahnya password akun media sosial kita berikan. Secara tidak langsung, hal itu akan membantu kita untuk lebih menjaga diri dalam berinteraksi di media sosial.
Tapi jika kita kekeuh menutup-nutupi padahal suami menanyakannya, hati-hati, kita patut waspada dan introspeksi penuh pada diri sendiri. Ada apa sebenarnya di akun-akun media sosial kita?
 
Menyembunyikan Gadget Bila di Dekat Suami
 
Sikap tersebut pastinya bisa menjadi tanda bahwa kita telah menyembunyikan sesuatu. Bisa jadi menyembunyikan percakapan yang terjadi melalui pesan singkat atau message yang ada di Path, Facebook atau Twitter. Atau bisa juga hal-hal lain yang kita tak ingin suami tahu.
 
Jika memang tak ada ‘apa-apa’, tak perlulah gadget kita jauhkan dari jangkauan suami. Suami tak akan curiga, kita pun tidak akan direpotkan oleh kesibukan menyembunyikan gadget setiap saat.
 
Semoga Allah Swt menjadikan kita bagian dari orang-orang yang senantiasa menjaga diri. Dan jangan lupa, hal-hal di atas tak hanya berlaku bagi para istri saja, tapi juga bagi para suami.
 
(Haifa HR)
 
0 Komentar