Doakan Anakmu Sejak Mereka Masih di Tulang Sulbi

13 Mei 15:18 | Dilihat : 879
Doakan Anakmu Sejak Mereka Masih di Tulang Sulbi Ilustrasi

Saat Nabi Muhammad SAW hendak berdakwah kepada penduduk Thaif, ternyata diluar dugaan orang-orang Thaif menolak dakwah Nabi, bahkan mereka tidak segan-segan melemparkan batu ke wajah dan tubuh Nabi. Malaikat yang menyaksikan kejadian itu, menawarkan pada Nabi untuk membalas perlakuan keji penduduk Thaif dengan menimbunkan dua gunung yang ada di daerah Thaif.

Namun apa yang terjadi, ternyata Nabi menolak tawaran Malaikat, dengan alasan mereka mereka belum mengerti, bahkan Nabi mendoakan penduduk Thaif dengan doa yang sangat indah dan menyentuh, “Semoga Allah mengeluarkan dari tulang sulbi mereka anak-anak yang akan menyembahNya dan tidak mempersekutukannya dengan sesuatu pun” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ayah Bunda, lihatlah sungguh sangat Indah cara nabi mendidik umatnya, sama halnya dengan kita maka kita pun sangat dianjurkan untuk mencontoh gaya Nabi dalam mendidik. Nabi mengajarkan kepada kita untuk mendoakan keturunan kita semuanya hingga akhir kiamat agar menjadi hamba Allah yang taat melaksanakan shalat, subhaanallah doa yang dahsyat menembus dimensi ruang dan waktu kedepan, dan inilah doa yang sangat dianjurkan setiap kali kita berdoa.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhan ku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS. Ibrahim 40)

Ayah Bunda, Nabi pun mengajarkan kepada kita agar berdoa sebelum melakukan hubungan badan dengan pasangan kita yang sah, pasangan suami istri. Tujuannya adalah agar anak yang telahir, kita berharap Allah berkenan melindungi anak kita dari godaan Iblis dan pasukannya yaitu setan.

Nabi Muhamad bersabda, “Jika salah satu dari kalian ingin menggauli istrinya maka hendaklah ia mengatakan:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan)”.

Jika dari hasil hubungan itu mereka dikaruniai anak, maka anaknya itu akan terjaga dari gangguan setan selamanya.

Ayah Bunda, inilah cara Nabi dalam mendidik anak, bukan hanya saat mereka sudah lahir tapi jauh sebelum anak kita lahir bahkan untuk anak keturunan kita hingga hari kiamat, Nabi mengajarkan doa agar kelak anak keturunan kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Ayah Bunda, beginilah keindahan gaya Nabi yang memiliki perhatian besar kepada pendidikan anak dan keluarga, karenanya mari mulai sekarang kita didik anak kita dengan cara mendoakan mereka dengan doa-doa yang telah diajarkan Nabi, karena sesungguhnya Allah yang lebih tahu siapa anak kita, Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk anak kita. Dan di atas itu semuanya Allah adalah tempat terbaik untuk bersandar dan mengadu atas setiap permasalahan dan harapan kita semuanya.

Semoga kita beserta keturunan kita semuanya, menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan kelak Allah kumpulkan kita di Syurga-Nya beserta Para Nabi dan Para Sholihin. Aamiin YRA

Jazakumullah..

Ayah Alam
Pengasuh Parenting Gaya Nabi

0 Komentar