Bahan Alami Ini Ampuh Usir Nyamuk di Musim Hujan

29 Januari 17:40 | Dilihat : 508
Bahan Alami Ini Ampuh Usir Nyamuk di Musim Hujan

SI Online - Musim hujan mulai tiba dan hampir setiap hari terjadi. Hal ini tak ayal membuat nyamuk mudah bersarang di dalam rumah. Jika digigit nyamuk, tak hanya meninggalkan bekas kemerahan di kulit. Tapi juga menyebabkan sederet penyakit berbahaya akibat gigitannya.

Oleh sebab itu, penting bagi kita mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk dengan cara alami. Jika tidak, risikonya justru bisa membahayakan diri kita dan keluarga.

Penting diketahui, berikut adalah lima bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, sebagaimana dilansir Naturallivingideas, Senin (29/1/2018).

Lilin Citronella

Minyak esensial dari citronella salah satu bahan alami yang paling efektif mengusir nyamuk. Selain itu, fungsinya juga dapat mengharumkan ruangan di rumah kita. Tempatkan lilin di sudut-sudut yang aman. Nyalakan setiap hari agar nyamuk tidak bersarang di dalam ruangan.

Minyak Lavender

Minyak lavender sangat disukai oleh banyak orang di dunia. Bahan ini ini juga aman mengusir nyamuk dengan alami. Cara penggunaanya, dapat dengan cara mengoleskannya ke kulit. Atau bisa juga membeli aroma esensial untuk dibakar bersama lilin aromaterapi. Hasilnya, nyamuk akan pergi jauh-jauh dari tubuh kita jika menerapkan cara ini.

Makan Lebih Banyak Bawang Putih

Nyamuk tidak suka aroma bau orang yang banyak makan bawang putih. Karenanya, kita bisa mengupayakan melakukan hal itu, supaya nyamuk pergi jauh-jauh dari tubuh kita. Bisa juga dengan mengoleskan minyak alami dengan aroma bawang putih ke kulit, agar tidak menjadi sasaran gigitan nyamuk.

Minyak Neem

Neem merupakan tanaman alami yang tidak disukai oleh insektisida. Kita bisa menggunakan minyak ini untuk mengusir nyamuk. Biasanya minyak neem juga dijual dalam bentuk minyak esensial sebagai aromaterapi. Wanginya tidak menyengat, sehingga aman untuk hidung.

Daun Serai

Tanamlah daun serai di halaman rumah, pasti nyamuk akan pergi jauh-jauh dari lingkungan rumah kita. Pastikan rawat tanaman tersebut dengan cara yang mudah. Selain mengusir nyamuk, batang serai juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan yang lezat. Atau bagi penyuka teh serai, kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Red: Ma'faza

0 Komentar