Inilah Delapan Negara Tujuan Wisata Halal

28 Februari 07:00 | Dilihat : 1355
 Inilah Delapan Negara Tujuan Wisata Halal Ilustrasi: Masjid Sultan Ahmad atau Masjid Biru, salah satu destinasi wisata di Istanbul, Turki. [foto: Blogspot]


Jakarta (SI Online) - Pariwisata halal global semakin bertumbuh. Penyebabnya adalah wisatawan Muslim yang cenderung memilih hotel, makanan, dan wisata pantai halal.
 
Berikut delapan negara destinasi wisata halal yang bisa menjadi pilihan Anda seperti dilansir Arabian News.

Malaysia
Populasi Muslim: 60 persen
Malaysia disebut-sebut sebagai salah satu tujuan wisata halal paling ramah di dunia. Negara tersebut menawarkan berbagai sajian kuliner, situs peninggalan bersejarah, populasi multietnis, dan banyak hotel syariah.  Banyaknya resor dan pemandangan tropis hijau nan subur juga menjadi daya tarik yang membuat Malaysia menjadi salah satu tujuan paling dicintai untuk liburan keluarga. Beberapa tempat menarik yang sering dikunjungi antara lain Kuala Lumpur, Malaysia Borneo, Penang, Taman Negara, Cameron Highlands, Malaka, dan Langkawi.

Turki
Populasi Muslim: 98 persen
Budaya yang dinamis menjadikan Turki sebagai salah satu tujuan halal terbesar bagi  Muslim. Apalagi Turki memiliki destinasi bernuansa Eropa. Yang membanggakan, negara tersebut mempunyai situs warisan dunia dan sisa-sisa mulia kerajaan besar dari era lampau, serta budaya tradisional Muslim Turki. Beberapa tempat yang  paling sering dikunjungi di Turki antara lain Topkapi Palace, Selat Bosporus, Masjid Sultan Ahmet, Cappadocia, dan Anatolia.

Indonesia
Populasi Muslim: 87,2 persen
Keajaiban alam, atraksi bersejarah dan berlimpahnya fasilitas halal membuat Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik untuk liburan keluarga Muslim. Indoesia memiliki kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.500 pulau tropis yang penuh dengan pantai pasir putih, air biru dan beragam lanskap. Beberapa kota di Indonesia yang paling dikunjungi wisatawan antara lain Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya.
 
Maroko
Populasi Muslim: 99 persen
Maroko terkenal dengan budayanya yang unik di mana modernitas berpadu dengan tradisional. Makanan halal, masjid, dan penduduknya yang ramah membuat Maroko menjadi tujuan wisata halal yang sering dicari. Mengingat sebagian besar penduduknya beragama Islam, Maroko banyak menawarkan makanan lezat dan halal, serta resor dan hotel halal. Tempat yang sering dikunjungi di Maroko yakni Marrakech yang memiliki beberapa resor halal paling mewah. Ada juga Masjid Hassan II yang merupakan masjid terbesar kedua di dunia yang terletak di Casablanca.

Mesir 
Populasi Muslim: 94,7 persen
Mesir adalah negara di Afrika Utara yang populer sebagai destinasi pariwisata halal. Terlepas dari warisan budaya dan sejarah yang sangat besar, Mesir menawarkan berbagai restoran halal dan kegiatan seperti mengunggangi unta dan makan malam di kapal pesiar sepanjang Sungai Nil. Tempat yang paling banyak dikunjungi di Mesir yakni Piramida dan Spinx di Kairo serta kuil-kuil dan makan di Luxor.

Yordania
Populasi Muslim: 97,2 persen
Yordania bisa menjadi tujuan pariwisara halal besar jika Anda pergi ke tempat yang tepat. Yordania memiliki fitur pasir merah yang dramatis, tebing menjulang, dataran basalt vulkanik berbatu besar, bukit-bukit yang kaya dengan pohon-pohon zaitun dan reruntuhan megah dari situs bersejarah Petra dan Jerash. Beberapa tempat yang sering dikunjungi Aqaba, Amman, Irbid, Jerash dan Ajlun. Ada pula perairan apung dari Laut Mati dan padang pasir luas dari Wadi Rum.
 
Spanyol
Populasi Muslim: 50 persen
Spanyol merupakan rumah bagi populasi Muslim yang cukup besar. Spanyol dipenuhi banyak restoran halal dan berbagai atraksi menarik. Negara yang terletak di Benua Eropa ini memiliki monumen Islam seperti Masjid Central Madrid, atau dikenal sebagai Masjid Abu-Bakr, serta istana Alhambra kuno. Beberapa tempat lainnya yang menarik didatangi yakni Masjid Agung Cordoba, Alcazar Royal Palace, Istana Viana, dan Madinat Al Zahra.
 
Malta
Populasi Muslim: 2 persen
Meski populasi Muslimnya hanya sedkit, Malta adalah salah satu tujuan halal populer di Eropa. Malta miliki banyak restoran dan tempat hiburan. Malta merupakan pulau kecil di Mediterania yang juga menjadi tempat liburan favorit saat liburan musim panas. Tempat yang paling sering dikunjungi di Malta yakni Valetta (ibu kota Malta),  Old Mdina, Golden Bay, Pantai Blue Lagoon dan Islamic Centre of Malta.
 
red: abu faza
sumber: Republika Online
0 Komentar