Inilah Cara Agar Gigi Anak Tumbuh dengan Rapi

Selasa, 15 Maret 2016 - 21:35 WIB | Dilihat : 4419
Inilah Cara Agar Gigi Anak Tumbuh dengan Rapi Ilustrasi: Gigi Anak Sehat dan Rapi
SI Online - Memiliki putra atau putri dengan gigi yang sehat dan rapi merupakan dambaan setiap orangtua. Ya, karena gigi tidak dapat dipungkiri menjadi suatu bagian fisik yang mendukung tingkat kepercayaan diri dalam berhadapan dengan orang lain. 
 
Namun tak sedikit kita jumpai anak-anak yang pada akhirnya memiliki barisan gigi yang tidak rapi, bahkan tidak beraturan yang sering diistilahkan dengan sebutan gigi tonggos atau dalam dunia medis disebut protrusif.
 
Gigi tonggos pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal.  Nah, berikut lima kemungkinan kondisi yang terjadi pada rahang ketika seseoang disebut tonggos.
 
1. Gigi tonggos terjadi ketika posisi gigi depan rahang atas berjarak lebih dari 3 mm terhadap gigi depan rahang bawah 
 
2. Ukuran rahang atas lebih besar dari normal, namun ukuran rahang bawah normal
 
3. Ukuran rahang atas normal, namun ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal pun bisa membuat seseorang terlihat tonggos
 
4. Ukuran rahang atas lebih besar dari normal
 
5. Ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal.
 
Penyebab Gigi Tonggos
 
Penting diketahui bahwa penyebab kondisi protrusif dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan, tulang, komponen tulang rawan, dan jaringan lunak pada rahang itu sendiri. 
 
Jumlah gigi yang abnormal, ukuran dan bentuk gigi yang abnormal, gangguan pada waktu erupsi, erupsi ektopik, pedoman erupsi yang tidak tepat, kehilangan dini gigi sulung, kehilangan dini gigi tetap, serta faktor jaringan lunak juga dapat menjadi penyebab gigi tonggos.
 
Lalu, tindakan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari gigi agar tonggos?  Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan agar gigi anak tidak mengalami kondisi protrusif:
 
1. Hindarkan anak dari kebiasaan buruk menghisap ibu jari.
 
Menghisap ibu jari adalah kebiasaan yang dilakukan sebagian besar balita. Namun, kebiasaan yang kelihatannya sepele itu ternyata memiliki dampak yang besar bagi pertumbuhan gigi anak. Oleh karenanya, segeralah tegur anak dan beri peringatan saat orangtua mendapati anak sedang asik menghisap ibu jari. Sebab jika hal tersebut dibiarkan, akan menjadi kebiasaan yang berefek buruk bagi gigi anak.
 
2. Menjaga kesehatan gigi sulung dan gigi tetap sehingga mencegah hilangnya gigi tersebut lepas sebelum waktunya. 
 
Pentingnya menjaga gigi sulung lepas sebelum waktunya adalah supaya gigi tetapnya memiliki pedoman untuk tumbuh sehingga tidak menjadi tonggos. 
 
3. Kunjungi Dokter Gigi
 
Kunjungi dokter gigi langganan untuk melakukan pemeriksaan klinis terhadap gigi anak dan memperoleh informasi lebih lengkap. Lakukan hal tersebut setidaknya enam bulan atau satu tahun sekali.
 
Penting juga bagi para orangtua untuk membiasakan anak merawat giginya dengan rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Dengan perawatan sejak dini, diharapkan pertumbuhan gigi anak akan optimal, bersih, dan juga sehat.
 

(Khalifatul Fatayat) 

0 Komentar