Peneliti Temukan Fakta Dahsyatnya Manfaat Sedekah untuk Kesehatan

Rabu, 13 Januari 2016 - 04:56 WIB | Dilihat : 7779
Peneliti Temukan Fakta Dahsyatnya Manfaat Sedekah untuk Kesehatan Ilustrasi: Sedekah
SI Online - Rasulullah Saw menganjurkan kita umatnya agar senantiasa bersedekah dengan memberi apa yang kita punya, meski hanya dengan sebiji kurma.
 
“Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api.” (HR Ahmad dan Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih Al-Jami’)
 
Memberikan sesuatu pada orang lain ternyata tak hanya membuat mereka bahagia karena kebutuhan mereka yang akhirnya terpenuhi oleh pemberian kita. Tetapi menggunakan harta yang kita punya untuk kebahagiaan orang lain, ternyata benar-benar bisa memberikan “keajaiban” bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 
Kesimpulan itulah yang didapat  dari sebuah studi yang dilakukan di Department of Psychology University of British Columbia.
 
Dilansir Huffingtonpost , para peneliti tersebut berhasil menghubungkan antara menggunakan uang untuk orang lain dengan penurunan tekanan darah tinggi. Terlebih bila uang yang dihabiskan digunakan untuk kegiatan amal. Sebagai contoh, menyumbang kegiatan santunan anak yatim, menjadi donatur kegiatan-kegiatan dakwah, atau sekadar memberikan santunan pada peminta-minta.
 
Studi tersebut dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama melibatkan 128 peserta berusia 40 tahun ke atas yang didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi.
 
Kelompok tersebut diberikan sejumlah uang untuk dihabiskan selama enam minggu. Mereka kemudian diberi pilihan: menghabiskan uang untuk diri mereka sendiri atau menghabiskan untuk orang lain.
 
Mereka yang menggunakan uangnya untuk orang lain, seperti beramal, menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik daripada mereka yang menghabiskan uang untuk diri mereka sendiri untuk berbelanja.
Dengan kata lain, mereka yang menghabiskan uang untuk dirinya sendiri tidak mengalami perubahan dalam kesehatan.
 
Penemuan tersebut adalah bukti kuat bahwa menghabiskan uang untuk kebahagiaan orang lain dapat menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam kesehatan fisik. Menariknya, peneliti juga menilai bila para penderita darah tinggi melakukan amal secara rutin, maka akan ada manfaat jangka panjang dalam hal kesehatan.
 
Di bagian kedua penelitian, peneliti menganalisa data dari 186 orang lanjut usia dengan tekanan darah tinggi. Angka-angka menunjukkan, semakin banyak uang yang dihabiskan untuk orang lain, maka akan semakin rendah tekanan darah dalam dua tahun ke depan. 
 
Maha Suci Allah, bahwa jauh sebelum fakta penelitian ini lahir, Islam telah menganjurkan untuk banyak memberi atau bersedekah. Dan jauh sebelum fakta ini diketahui para peneliti tersebut, Rasul mulia telah memberi bukti keterkaitan antara sedekah dengan mengobati sakit yang diderita seseorang. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, 
 
“Obatilah sakitmu dengan sedekah, bentengilah harta bendamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan doa.” (HR. Baihaqi)
 
Atau dalam hadits lain yang artinya,
 
“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi)
 
Luar biasa bukan manfaat  dari sedekah yang kita lakukan. Selain meringankan beban orang lain, sedekah juga memberikan pengaruh positif bagi kesehatan. 
 
Dan nilai yang lebih utama yang bisa didapatkan umat Islam dari sedekah ialah dihapuskannya dosa-dosa karena sedekah itu sebagaimana air memadamkan api. Jadi, mari perbanyak sedekah dan jangan tunda lagi!
 
“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rizki yang telah Kami berikan kepadamu, sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah: 254)

(Haifa HR) 

0 Komentar