Inilah Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

13 Januari 20:39 | Dilihat : 1236
Inilah Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Ilustrasi surat Al Kahfi

Bogor (SI Online) - Al Kahfi menjadi surat pertama yang dibahas dalam kajian perdana tafsir Alquran bersama Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MSi di Masjid Al Hijri II Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Sabtu (13/1).

Kyai Didin menjelaskan, surat Al Kahfi punya banyak keutamaan. Kerenanya, membaca surat Al Kahfi dianjurkan menjadi wiridan di setiap malam atau hari Jumat.

Dalam Hadis Nabi dijelaskan, barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan diberikan cahaya antara Jumat ke Jumat berikutnya. "Artinya akan selalu dibimbing Allah sehingga tidak tersesat dalam menjalani kehidupan. Dan kalau ada kesulitan akan diberikan jalan keluar oleh Allah SWT," jelas Kyai Didin.

Hadis lainnya, barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi akan memiliki cahaya pada hari kiamat. "Jadi dengan keutamaan surat Al Kahfi kita akan selamat dunia akhirat," ungkapnya.

Selain itu, keutamaan lainnya yaitu dengan membaca surat Al Kahfi khususnya sepuluh ayat pertama akan dijaga dari kejahatan dajjal.

"Suatu saat nanti dajjal akan turun, dia adalah makhluk yang merusak dan mengajak manusia kepada yang munkar. Dajjal punya kelebihan seperti Nabi Isa yaitu bisa menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang mati. Dia juga bisa mengetahui apa yang kita simpan. Dia mengaku sebagai juru selamat, padahal justru menyesatkan," imbuhnya.

Dan saat ini, kata Kyai Didin, 'keturunan' dajjal sudah muncul seperti orang-orang yang mengaku Nabi. "Seperti Mushadeq, mengaku menjadi nabi setelah bertapa di Gunung Bunder, jadi ini merusak luar biasa," tandasnya.

Majelis tafsir Alquran ini akan digelar kembali pekan depan Sabtu 20 Januari 2018 mulai pukul 15.30 Wib selepas shalat ashar berjamaah di tempat yang sama. Diharapkan, umat Islam khususnya warga Bogor yang belum berkesempatan hadir pada kajian pertama ini bisa ikut di jadwal berikutnya.

red: adhila

0 Komentar