Dinilai Lecehkan Islam, Joshua Dilaporkan ke Bareskrim

09 Januari 20:05 | Dilihat : 614
Dinilai Lecehkan Islam, Joshua Dilaporkan ke Bareskrim Joshua Suherman

Jakarta (SI Online) -  Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan komika Joshua Suherman atas dugaan tindakan pelecehan agama ke Bareskrim Mabes Polri pada Selasa, 9 Januari 2018.

Laporan itu menyikapi sebuah video acara stand up comedy oleh Joshua Suherman yang viral dan dinilai FUIB telah melecehkan agama Islam.  

"Kami melaporkan Joshua, dan sudah diterima penyidik Bareskrim. Kami melaporkan dengan pasal berlapis," kata Ketua Umum FUIB, Rahmat Himran, Selasa (9/1/2018).

Menurut Rahmat, Joshua dinilai telah melakukan tindak pidana penghinaan agama saat membawakan materi stand up comedy yang kemudian diunggah ke Youtube

“Viralnya video penghinaan agama Islam di media sosial, yang dilakukan oleh Joshua Suherman dalam acara Stand Up Comedy beberapa hari lalu sangat meresahkan kaum Muslimin. Sehingga pelaku saat ini mendapat kecaman di berbagai media sosial,” sambungnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelaporan ini agar kedepannya tidak ada kejadian serupa.” kalau kita tidak melapor, maka hal ini akan terulang lagi oleh Joshua Joshua yang lainnya,” Kata Rahmat.

Joshua Suherman yang juga mantan penyanyi cilik itu dinilai telah melanggar 2 pasal. “Yang pertama adalah pasal 27 Ayat 3 UU ITE ‘melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan atau mentransmisikan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik,” jelasnya.

Pasal berikutnya, FUIB menilai Joshua telah melanggar pasal 28 ayat 2 UU ITE yang menyebut ‘setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditunjukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

red: adhila/dbs

0 Komentar