#Pemimpin Baru Jakarta

Gubernur Anies Naikkan Tunjangan Operasional Ketua RT dan RW

20 November 02:46 | Dilihat : 3406
Gubernur Anies Naikkan Tunjangan Operasional Ketua RT dan RW Ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalami salah satu pasukan hijau Dinas Pertamanan yang sedang bekerja. [sumber: FB Anies Baswedan]

Jakarta (SI Online) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan kenaikan tunjangan operasional Ketua RT/RW segera direalisasikan pada tahun depan.

Ia meminta, semua pihak untuk tidak curiga atas kenaikan tersebut. Sebab, dia beranggapan para pengurus wilayah di tingkat paling kecil itu bekerja paling depan mengurus administrasi kepada masyarakat.

"Hormati para Ketua Ketua RT/ RW sebagai orang-orang yang menjaga ikatan sosial kita. Jadi di satu sisi kita harus tertib administrasi, tapi sisi lain jangan menimbulkan kecurigaan," kata Anies di sela menghadiri Maulid Nabi Muhammad 1438 Hijriah di Masjid Attaqwa At-Tahiriyah, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (19/11/2017).

Anies memastikan, tetap ada mekanisme yang sama untuk mempertanggungjawabkan kinerja dan biaya kenaikan tunjangan operasional itu.

Sebelumnya Komisi A DPRD DKI Jakarta menyetujui kenaikan dana operasional untuk RT/RW sebesar Rp500 ribu. Jadi, jika sebelumnya tiap RT mendapatkan Rp1,5 juta, tahun depan akan mendapatkan Rp2 juta.

Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta, Syarif mengatakan, gaji ketua RT dan RW masing-masing akan naik Rp500 ribu.

"(Ketua) RT naik menjadi Rp2 juta. RW dari Rp2 juta jadi 2,5 juta," kata Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 9 November 2017. 

Penetapan itu juga akan berlaku bagi petugas jumantik dari sebelumnya Rp500 ribu menjadi Rp700 ribu.

red: A Syakira/dbs

0 Komentar