Dalam Berpolitik, Kang Sukma Ingin Meneladani Nabi

18 November 11:08 | Dilihat : 443
Dalam Berpolitik, Kang Sukma Ingin Meneladani Nabi Majelis Syuro Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor, Muhammad Nur Sukma

Bogor (SI Online) - Nabi Muhammad SAW adalah teladan terbaik bagi umatnya, berbagai aspek kehidupan dicontohkan Nabi dengan landasan wahyu Ilahi. Mulai dari yang kecil seperti masalah adab masuk kamar mandi sampai yang besar urusan negara.

Dalam urusan negara misalnya, Nabi Muhammad SAW memberikan teladan ketika baru diangkat menjadi kepala negara di Madinah, beliau mengeluarkan instruki kepada masyarakat yang pada saat itu tidak hanya kaum muslimin, tetapi penganut agama lain juga menjadi bagian warga yang dipimpinnya.

"Intruksi tersebut termasuk menjadi program utama dari Rasulullah, ujar anggota Majelis Syuro Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor, Muhammad Nur Sukma, Sabtu (18/11/2017). 

Pria yang akrab disapa Kang Sukma ini memaparkan, bahwa program pertama Rasulullah adalah menebarkan salam. "Instruksi ini agar masyarakat saling menyapa, saling beramah tamah sehingga menumbuhkan suasana kenyamanan dan ketentraman di masyarakat," ungkapnya.

Program kedua adalah menyebarkan makanan dan menyediakan lapangan pekerjaan. Maksudnya agar penduduk Madinah tidak ada yang kelaparan. "Kebijakan ini membuat Rasulullah sangat dekat dan dicintai rakyatnya," kata Sukma.

"Kalau di kampung dulu kita kenal program jimpitan, jadi warga yang mampu menyumbangkan beras lalu dikumpulkan di masjid. Nanti kalau ada warga yang lapar tidak punya beras, bisa ambil langsung di masjid," tambah pria yang menjadi bakal calon Wali Kota Bogor ini.

Selanjutnya, program yang ketiga adalah saling menyambung tali persaudaraan. Hal ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Madinah. "Momen-momen kebersamaan harus ditingkatkan, program gotong royong membersihkan lingkungan yang dulu rutin pernah kita lakukan itu harus kita hidupkan kembali," tuturnya.

Dan program terakhir, yang keempat, Rasulullah menginstruksikan khusus kepada warga muslim untuk menegakkan shalat wajib berjamaah dan shalat malam. "Dengan shalat, mereka menjadi pribadi-pribadi yang dekat dengan pertolongan Allah," jelas pria yang memiliki keluarga penghafal Alquran ini.

Dijelaskan Sukma, ketika keempat program ini dijalankan maka jaminannya adalah syurga dari Allah SWT.

Terkait kondisi sekarang ini, khususnya di Indonesia, kaum muslimin hendaknya mencontoh Rasulullah khususnya tentang menegakkan shalat.

"Mari tegakkan shalat berjamaah dan hidupkan malam-malam kita dengan shalat, kita mendekat kepada Allah. Karena dengan situasi seperti sekarang ini kekuatan utama itu datangnya dari Allah meskipun ikhtiar harus terus dilakukan. Saat bangun malam, doakan agar muncul pemimpin-pemimpin yang taat kepada Allah serta mengajak rakyatnya untuk taat kepada Allah," pesan Sukma.

Ia juga bertekad, akan selalu mencontoh Nabi dalam setiap aktivitasnya, baik urusan pribadi, keluarga, masyarakat, bahkan urusan politik dalam rangka membangun bangsa dan negara.

red: adhila

0 Komentar