#Tolak Reklamasi

Ini Pernyataan Lengkap Forum PETISI Tolak Reklamasi

Jumat, 17 November 2017 - 02:57 WIB | Dilihat : 957
 Ini Pernyataan Lengkap Forum PETISI Tolak Reklamasi Deklarasi Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Tolak Reklamasi (Forum Petisi Tolak Reklamasi) di Muara Kamal, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis siang, 16 November 2017. 

Jakarta (SI Online) -Puluhan alumni perwakilan dari 12 Perguruan Tinggi di Indonesia mendeklarasikan Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Tolak Reklamasi atau disingkat Forum Petisi Tolak Reklamasi di Muara Kamal, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis siang, 16 November 2017. 

Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi yang diketuai Akhmad Syarbini dan Sekretaris Sofyan Soemantri ini diklaim telah memiliki 5.948 anggota. Mereka berasal dari ITB, UI, IPB, Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Bandung, Universitas Andalas, UGM, UII Yogyakarta, UNBRAW Malang, ITS Surabaya, Universitas Tadulako dan Universitas Hasanuddin Makassar. 

Sekretaris Forum PETISI Tolak Reklamasi Sofyan Soemantri mengatakan, gerakan ini terinspirasi dari Petisi Menolak Proyek Reklamasi di Teluk Jakarta yang digulirkan oleh lebih dari 1500 alumni ITB pada 24 Oktober. 

Forum ini secara tegas meminta supaya reklamasi Teluk Jakarta dihentikan. "Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia untuk menghentikan pelaksanaan proyek Reklamasi Teluk Jakarta yang sampai saat ini masih berlangsung," bunyi salah satu poin pernyataan sikap yang dibacakan secara bergantian oleh perwakilan alumni yang hadir, Kamis (16/11). 

Berikut pernyataan lengkap Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi Teluk Jakarta:

Dengan dilandasi keinginan luhur untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 maka kami, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi,

Menyatakan sikap sebagai berikut : 

1. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mengedepankan kepentingan rakyat, dengan tegas menolak pelaksanaan Reklamasi Teluk Jakarta. 

2. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta. 

3. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia untuk menghentikan pelaksanaan proyek Reklamasi Teluk Jakarta yang sampai saat ini masih berlangsung. 

4. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia dan institusi negara yang berwenang untuk mengusut secara tuntas dan menindak para pihak yang terlibat dalam proses perijinan pelaksanaan reklamasi, termasuk penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan pencabutan moratorium Reklamasi Teluk Jakarta.

5. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia memerintahkan institusi terkait untuk membatalkan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan menetapkan pulau-pulau hasil Reklamasi Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun agar dikuasai oleh negara dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat Indonesia. 

6. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi meminta Presiden Republik Indonesia untuk melakukan kajian secara mendalam peruntukan pulau-pulau hasil reklamasi teluk Jakarta, agar tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat UUD 1945. 

7. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi menyatakan reklamasi teluk Jakarta bukan lagi masalah DKI Jakarta semata melainkan sudah menjadi masalah nasional yang harus segera diselesaikan.

8. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mengajak segenap alumni dan mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia serta elemen masyarakat lainnya untuk bersatu padu menolak Reklamasi Teluk Jakarta.

9. Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi bersama masyarakat Indonesia bertekad mengawal dihentikannya proyek pembangunan reklamasi tersebut untuk selamanya. 

red: shodiq ramadhan

0 Komentar