LPPOM MUI akan Gelar INDHEX 2017 di Gedung SMESCO Jakarta

13 November 12:40 | Dilihat : 248
 LPPOM MUI akan Gelar INDHEX 2017 di Gedung SMESCO Jakarta Ilustrasi: Stand LPPOM MUI dalam INDHEX 2016 di JIE Kemayoran.

Jakarta (SI Online) - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) kembali menghelat pameran halal "Indonesia Halal Expo" atau INDHEX 2017. Tahun ini, kegiatan rutin tahunan yang dimaksudkan sebagai edukasi dan promosi produk bersertifikasi halal itu mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Sertifikasi Halal”. 

Kepala Bidang Informasi Halal LPPOM MUI Farid Mahmud dalam siaran pers yang diterima Suara Islam Online, Senin (13/11/2017) mengungkapkan, INDHEX 2017 akan digelar pada 16-18 November 2017 mendatang, di Gedung SMESCO Exhibition Hall, Pancoran Jakarta Selatan. 

"Rangkaian kegiatan pada INDHEX tahun ini berupa pameran produk bersertifikat halal sebanyak 100 stand, dan berbagai event lainnya seperti Halal Award 2017, penyerahan hadiah Olimpiade Halal 2017, silaturahmi LPPOM MUI dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal,  talkshow, seminar, serta aneka kegiatan lainnya," kata Farid.  

Farid menambahkan, Penyelenggaraan INDHEX yang ketujuh ini rencananya akan dibuka Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, INDHEX 2017 juga akan mengumumkan peraih anugerah Halal Award 2017 sebagai ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada para pemangku kepentingan  di bidang halal yang dinilai berjasa dalam sosialisasi, advokasi, dan promosi mengenai halal. 

"Selanjutnya penyerahan hadiah kepada para pemenang Olimpiade Halal 2017 yang telah dilaksanakan sejak Juli lalu, dan diikuti oleh 13.524 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Saudi Arabia," tambah dia.

Bentuk kegiatan lain dari INDHEX 2017 adalah silaturahmi dengan pimpinan perusahaan bersertifikat halal, yang akan dikemas bentuk diskusi panel dengan tema kelanjutan proses sertifikasi setelah penetapan UU Jaminan Produk Halal. Narasumber yang akan hadir sebagai pembicara antara lain pimpian dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI). 
 
Tak hanya itu, berbagai seminar dan pelatihan yang dapat menunjang peningkatan daya saing produk bersertifikat halal, serta berbagai kompetisi pun akan digelar, seperti kompetisi memasak, lomba menggambar dan mewarnai, serta fashion show yang didukung oleh produsen kosmetika halal terkemuka, Wardah.

Acara ini akan dihadiri oleh produsen produk halal baik internasional maupun lokal, produsen UKM, instansi pemerintah, komunitas halal  serta dihadiri pula oleh stakeholder terkait. 

red: shodiq ramadhan

0 Komentar