Alami Pembengkakan Kaki, Ustaz ABB Dirawat di RSCM

21 Oktober 12:10 | Dilihat : 472
Alami Pembengkakan Kaki, Ustaz ABB Dirawat di RSCM Tim MER-C memeriksa kesehatan Ustaz Abu Bakar Baasyir

Jakarta (SI Online) - Koordinator Tim Pembela Muslim (TPM), Ahmad Michdan mengungkapkan bahwa kliennya Ustaz Abu Bakar Ba'asyir (ABB) dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat karena mengalami pembengkakan pada kakinya.

"Beliau dibawa ke RSCM sejak kemarin pagi, karena pembengkakan di kakinya dan harus perlu perawatan dokter," kata Michdan dikutip Okezone, Sabtu (21/10/2017).

Oleh karena itu, ia berharap kepada pemerintah agar dipindahkan penahanan Ustaz ABB dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Mengingat keluarga Ustaz ABB di Solo sudah meminta kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas).

"Keluarga beliau yang di Solo minta agar beliau dipindahkan karena sudah sepuh, jadi agar dekat dengan keluarga," pungkasnya.

Sebelumnya, Ustaz yang dipidana dalam kasus terorisme itu mengalami gangguan aliran darah di kakinya sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki.

"Masalah vena dalam tidak kuat untuk memompa darah ke atas, katup-katup tidak ditemukan sumbatan dan 'flow' arteri pembuluh darah utama bagus alirannya. Masalahnya di vena dalam dan katub yang menyebabkan kaki ustad bengkak," ujar Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Joserizal Jurnalis.

MER-C sebagai lembaga kesehatan yang ditunjuk oleh keluarga Ustaz ABB memaparkan kondisi kesehatan terakhir Ustaz ABB dari pemeriksaan di RS Harapan Kita pada Kamis 10 Agustus 2017, setelah mendapat persetujuan dari keluarga.

Saat dilakukan pemeriksaan jantung, ia mengatakan ditemukan penyumbatan, tetapi secara umum kondisi jantung pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min, Ngruki itu.

Sementara itu, pihak keluarga juga meminta doa dari semua pihak agar kondisi kesehatan Ustaz ABB kembali membaik.

"Mohon doa dari segenap umat Islam Indonesia untuk kesehatan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir yang kini kembali harus di rawat di rumah-sakit," ujar putra Ustaz ABB, Abdul Rochim Ba'asyir, dalam keterangan tertulisnya.

red: adhila

0 Komentar