Ditanya Soal Pencabutan Moratorium Reklamasi, Anies: Lihat Program Kita, Apa Ada yang Berubah?

10 Oktober 17:36 | Dilihat : 1111
Ditanya Soal Pencabutan Moratorium Reklamasi, Anies: Lihat Program Kita, Apa Ada yang Berubah? Anies Rasyid Baswedan

Jakarta (SI Online) - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memastikan program penghentian reklamasi Teluk Jakarta yang dikampanyekan pasangan Anies-Sandi hingga kini tidak berubah. Anies menegaskan programnya masih sama seperti saat masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Lho kok ditanya. Anda lihat program kita, ada yang berubah apa di program?" ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017), seperti dikutip Kompas.com.

Anies menuturkan, dia baru akan berkomentar soal reklamasi setelah dilantik dan resmi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Adapun pelantikannya bersama wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan digelar pada 16 Oktober 2017.

"Nanti deh soal itu semuanya sesudah saya bertugas, sekarang saya masih warga negara biasa. Pokoknya saya nanti jawab reklamasi sesudah tanggal 16, sekarang saya enggak dulu," kata dia.

Tak hanya itu, Anies juga enggan menanggapi pernyataan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut tak usah ribut-ribut soal reklamasi apabila tidak setuju. Anies masih menutup rapat-rapatnya sikapnya soal reklamasi tersebut.

"Saya nanggapinnya hari Senin aja nanti. No comment. Reklamasi, no comment," ucapnya.

Seperti diketahui, pada Kamis (5/10/2017) lalu, Luhut menerbitkan Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017 untuk mencabut moratorium reklamasi yang ditetapkan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli. Surat tersebut juga telah dikirim Luhut kepada Pemprov DKI Jakarta.

Penerbitan SK itu berbanding terbalik dengan sikap Anies-Sandi yang berjanji akan menghentikan reklamasi Teluk Jakarta. Pada masa kampanye Pilkada DKI 2017, Anies-Sandi dengan tegas menyatakan bahwa mereka menolak reklamasi.

Bahkan hingga kini, dalam situs resmi Anies-Sandi, jakartamajubersama.com, masih terpampang salah satu program mereka adalah penghentian reklamasi. 

"Menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta. Tidak boleh melanggar aturan," tulis dalam situs tersebut yang diunggah oleh Tim Anies-Sandi pada 20 Pebruari 2017 lalu. []

1 Komentar