Umat Islam di Jabar Gelar Aksi Tolak Perppu Ormas

11 Agustus 16:43 | Dilihat : 856
Umat Islam di Jabar Gelar Aksi Tolak Perppu Ormas Aksi massa dari Forum Ulama dan Tokoh (FUT) Jawa Barat di halaman Gedung Sate Bandung

Bandung (SI Online) - Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Ulama dan Tokoh (FUT) Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (11/8/2017). Aksi damai tersebut terkait terbitnya Perppu No.2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-undang No.17 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. 

Koordinator FUT Jabar KH Ali Bayanullah mengatakan bahwa terbitnya Perppu tersebut dapat memasung hak berserikat dan berkumpul yang dijamin oleh Undang-undang. 

“Pembubaran Ormas tanpa ada proses peradilan yang jujur dan fair akan menciderai semangat demokrasi. Pemerintah menjadi anti kritik dan kebijakannya nyaris tidak bisa dikoreksi,” ujarnya.

Ia menambahkan meski saat ini baru Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan namun kedepannya akan banyak ormas Islam lain yang akan menyusul. Kata Kyai Ali, pernyataan Menko Polhukam Wiranto beberapa waktu lalu bahwa akan ada ormas yang dibubarkan setelah HTI menjadi indikasi kuat represifnya rezim saat ini terhadap ormas Islam.

“Bagi ormas atau anggota ormas yang belum dibubarkan jangan bersenang dulu, bisa jadi giliran berikutnya ormas Anda yang juga dibubarkan,” katanya mengingatkan.  

Selain melakukan orasi, massa juga membentangkan spanduk dengan berbagai tulisan yang intinya menolak terbitnya Perppu Ormas. Beberapa tokoh ormas Islam juga melakukan orasi secara bergantian.

rep: suwandi
red: adhila

0 Komentar