Menteri Agama Buka Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama Islam

11 Agustus 13:57 | Dilihat : 322
Menteri Agama Buka Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama Islam Menag Lukman Hakim Saifudin didampingi Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin saat membuka rakor di Jakarta

Jakarta (SI Online) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka acara Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Dalam sambutannya, Lukman menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakan rapat yang bertemakan “Serap Aspirasi Bimbingan Masyarakat Islam" itu. "Rapat koordinasi dimaksudkan agar mengembangkan dua tujuan. Pertama, menginformasikan sejumlah program Kemenag khususnya Dirjen Bimas Islam, sehingga dengan sosialisasi tersebut diharapkan semua tahu apa saja yang dilakukan pemerintah dalam bidang keagamaan," ujarnya.

Kedua, kata Lukman, Kemenag dalam hal ini Bimas Islam diharapkan mampu menyerap aspirasi dari masyarakat melalui ormas-ormas Islam yang ada dari berbagai daerah.

Menag juga berharap keberadaan Bimas Islam semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan mampu mengakomodasi berbagai bidang keagamaan bagi umat.

Dalam kesempatan itu, Lukman menyampaikan salah satu program lama Kemenag yang saat ini dilakukan penyegaran kembali, yaitu pendidikan pra nikah. "Kita prihatin angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga semakin naik. Berbagai penelitian dan survei juga menunjukkan adanya penurunan degradasi pemahaman soal pernikahan. Padahal itu sesuatu yang sakral dan harus dimaknai dengan baik sehingga bisa terus terjaga," jelasnya. 

"Karenanya perlu program pendidikan pra nikah untuk menjadi bekal para calon pengantin. Untuk itu kita perlu kerjasama dengan ormas-ormas Islam di berbagai daerah. Bisa juga program ini dilakukan oleh ormas, bahkan kedepan calon pengantin diharapkan punya sertifikat agar memiliki persiapan untuk membina rumah tangga yang baik," tambah Lukman.

Rapat korordinasi gelaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag yang berlangsung pada Kamis-Sabtu 10-12 Agustus 2017 ini diikuti ratusan Kepala Kantor Wilayah Kemenag dari berbagai daerah se-Indonesia, pimpinan/perwakilan ormas Islam, tokoh masyarakat, akademisi, serta perwakilan berbagai media.

red: adhila

0 Komentar