#Salam 2 Tahun

Faktor Keamanan, Ahok Tetap Ditahan di Rutan Mako Brimob

22 Juni 10:47 | Dilihat : 813
Faktor Keamanan, Ahok Tetap Ditahan di Rutan Mako Brimob Ahok

Jakarta (SI Online) - Terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tetap menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mako Brimob meski telah dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

"Sudah dieksekusi sekitar 16.00 WIB, dengan mempertimbangkan faktor-faktor terkait dengan keamanan maka LP Cipinang menempatkan menjalani pidananya di Rutan Mako Brimob," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) Noor Rachmad di Jakarta, Rabu (21/6/2017) malam.

Sebelumnya, petugas Lapas Cipinang, Jakarta Timur, mendatangi langsung Rutan Mako Brimob.

Ahok tidak dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang karena diduga memiliki banyak musuh. 

"Ya (untuk) keselamatan yang bersangkutan. Kami kan mengantisipasi ke sana," ujar Kalapas Cipinang Abdul Ghani di Jakarta, Kamis (22/6), seperti dikutip Republika.co.id.

Abdul mengatakan Ahok berpotensi menerima ancaman seperti teror kalau dia menjalani tahanan di Lapas Cipinang. Karena itu, Lapas Cipinang memandang perlu melakukan antisipasi terhadap berbagai potensi gangguan tersebut.

"Keselamatan menjadi utama, jadi jangan sampai terjadi gangguan terkait yang bersangkutan kita pindahkan ke sana saja," kata dia.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis Ahok dua tahun penjara atas kasus penodaan agama pada 9 Mei 2017. Ahok pun sempat ditahan di rumah tahanan Cipinang Jakarta Timur sebelum kemudian dibawa ke Mako Brimob.

red: abu faza

1 Komentar