#Indahnya Ramadhan 1438H

Gelar Semesta Ramadhan di BATAN, Ary Ginanjar: Pemilihan Tempat Santunan ini Cerdas

15 Juni 17:37 | Dilihat : 673
  Gelar Semesta Ramadhan di BATAN, Ary Ginanjar: Pemilihan Tempat Santunan ini Cerdas Konferensi pers Semesta Ramadhan 2017 di Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, Jl Lebak Bulus Raya, Jakarta Selatan, Kamis (15/06/2017).

Jakarta (SI Online) - Pendiri sekaligus Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ Ary Ginanjar Agustian memuji pemilihan tempat pelaksanaan Semesta Ramadhan 1438H yang digelar Lembaga Kemanusiaan ESQ. Menurut Ary Ginanjar, pemilihan Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN di Jl Lebak Bulus Raya, Jakarta Selatan, merupakan langkah yang cerdas. 

Dengan memilih BATAN, kata Ary, hal itu merupakan kombinasi antara sains dan agama. Kombinasi kecerdasan intelektual dan spiritual. 

"Datang ke sini saja sudah pendidikan. Oo ini tho lembaga nuklir Indonesia," kata Ary dalam konferensi pers pembukaan Semesta Ramadhan di kompleks Pusat Diseminasi  dan Kemitraan BATAN, Jl Lebak Bulus Raya, Jakarta Selatan, Kamis (15/06/2017).

Selama ini, lanjut Ary, ada upaya mempertentangkan antara dua nilai tersebut. Padahal, lahirnya peradaban-peradan besar di dunia ini selalu bersala dari kombinasi kecerdasan intelektual dan spiritual. "Peradaban Andalusia, Mesir, Hongkong, Jepang, itu lahir dari kombinasi dua hal itu," kata dia. 

Ary berharap, cita-cita ESQ untuk melahirkan Indonesia Emas juga terlahir dari kombinasi nilai intelektual dan spiritual. "Di samping santunan, yang merupakan ritual biasa, kombinasi ini merupakan syarat lahirnya Indonesia Emas," tandasnya. 

Terkait edukasi tentang nuklir, mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Nanan Sukarna mengatakan, polisi pernah direpotkan dengan isu tentang ini, terutama menyangkut PLTN.  "PLTN di Gresik nggak jalan. Kenapa, karena media. Padahal nuklir itu ngga ada masalah," ungkap Nanan. 

Nanan berharap, supaya program PLTN itu bisa berjalan perlu sumbangsih media untuk mengekspose tentang nuklir secara benar. 

Sebelumnya, 1000 anak yatim, dhuafa dan difabel dari Jakarta, Bekasi, Cikarang, Depok dan Tangerang mengikuti Semesta Ramadhan yang digelar Lembaga Kemanusiaan ESQ. Selain menerima santunan berupa uang santunan, bingkisan perlengkapan sekolah dan alat tulis, mereka juga mendapatkan edukasi tentang nuklir. 

1000 anak itu mengikuti rangkaian workshop yang dikemas dalam bentuk permainan. Mereka diminta mendeteksi sumber radiasi nuklir dan mengenal beberapa alat peraga teknologi nuklir.  Selain workshop, anak-anakk juga mendapatkan informasi tentang nuklir dengan pendekatan dongeng. 

red: shodiq ramadhan

0 Komentar