#Anies-Sandi Menang

Tak Ada Gugatan, KPUD Tetapkan Anies-Sandi sebagai Gubernur Baru Jakarta

05 Mei 15:48 | Dilihat : 2172
Tak Ada Gugatan, KPUD Tetapkan Anies-Sandi sebagai Gubernur Baru Jakarta Anies-Sandi usai mendapatkan dukungan dari PAN dalam Pilkada DKI Jakarta.

Jakarta (SI Online) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta akhirnya secara resmi menetapkan pasangan nomor urut tiga, Anies R Baswedan-Sandiaga S Uno, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022. 

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Kantor KPUD DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (05/05/2017).

Dari hasil rapat pleno itu, Anies dan Sandi memenangi Pilkada DKI 2017 dengan raihan suara resmi KPU 3.240.987 suara atau 57,96 persen. Sementara pasangan nomor urut dua, Basuki-Djarot hanya memperoleh suara 2.350.366 atau 42,04 persen. Artinya, selisih perolehan suara dua pasangan calon itu hampir 16 persen. 

"Maka, pasangan calon gubernur Anies Baswedan dan calon wakil gubenur, Sandiaga Uno, ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih," kata Ketua KPUD DKI, Sumarno.

Pengumuman secara resmi pemenang Pilkada DKI Jakarta telah dilakukan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Putaran Kedua di Jakarta, Sabtu (29/4) malam lalu. 

Penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih merupakan tahapan terakhir dari rangkaian pelaksanaan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua sejak 19 April. Masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, lanjut Sumarno, berhak menyampaikan keberatan hasil pemilihan kepala daerah selama tiga hari yaitu pada Selasa (2/5) hingga Kamis (4/5) ke Mahkamah Konstitusi sesuai Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. 

Karena hingga Kamis tidak ada gugatan, maka pada hari ini secara resmi Anies-Sandi dinyatakan sebagai pemenang Pilkada DKI. 

red: shodiq ramadhan

0 Komentar