#Ahok Terdakwa

Ahok Hanya Dituntut Pidana Satu Tahun Penjara

20 April 11:35 | Dilihat : 19986
Ahok Hanya Dituntut Pidana Satu Tahun Penjara Ahok memasuki ruangan sidang kasus penistaan agama di PN Jakut yang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. [foto: tempo.co]

Jakarta (SI Online) - Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Ahok hanya menuntut pidana satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan. Tuntutan itu dibacakan Ketua Tim JPU Ali Mukartono dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis siang (20/04/2017). 

"Maka kami menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk menjatuhkan hukuman pidana satu tahun kurungan penjara dan hukuman percobaan selama dua tahun terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama," kata Jaksa Penuntut Umum Ali Mukartono di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis siang (20/04/2017). 

Dalam surat tuntutannya, jaksa menilai Ahok telah terbukti melanggar Pasal 156 KHUP tentang penodaan agama.

Dan dalam persidangan, jaksa menilai perbuatan terdakwa telah memenuhi semua unsur yang ada dalam dakwaan. "Semua unsur pidana secara hukum telah terpenuhi," kata jaksa.

Selanjutnya hakim memberi kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan tanggapan atas tuntutan jaksa. Ini baru akan disampaikan pada sidang berikutnya, Selasa 25 April 2017. 

Hal-hal yang dianggap memberatkan adalah menimbulkan keresahan dan kesalahpahaman di masyarakat. Adapun hal yang meringankan adalah sikap Ahok yang sopan di persidangan. 

red: abu faza

0 Komentar