#Kriminalisasi Sekjen FUI

Ini Tanggapan Ketum MUI Soal Tuduhan Makar kepada Sekjen FUI

07 April 04:18 | Dilihat : 1576
Ini Tanggapan Ketum MUI Soal Tuduhan Makar kepada Sekjen FUI Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin (depan, tengah) usai membuka Rakornas LPPOM MUI di Bogor, Rabu (05/04/2017).

Jakarta (SI Online) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum dapat mengeluarkan komentar atas penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) KH Muhammad Al Khaththath yang dituduh polisi hendak melakukan makar. MUI beralasan masih akan menunggu informasi dari kepolisian. 

"Kita menunggu informasi dari Kepolisian, kegiatan makarnya apa. Kita lihat dulu, setelah apa yang disampaikan kepolisian itu seperti apa gitu lho," kata Ketua Umum MUI Pusat KH Ma'ruf Amin saat ditemui di Bogor, Rabu sore (05/04) lalu. 

Bukan hanya membutuhkan informasi dari kepolisian, MUI juga akan mendengarkan pendapat dari para ahli hukum. "Kita minta ahli-ahli hukum melihat, (tuduhan makar) itu betul apa tidak?", tandasnya. 

Karena itu dalam kondisi sekarang, Kyai Ma'ruf menjelaskan, pihaknya tidak dalam posisi menanggapi. "Kita masih harus menunggu laporan kepolisian maupun para ahli yang memiliki kompetensi di bidang itu," pungkasnya. 

Sebelumnya, Sekjen FUI KH M Al Khaththath ditangkap aparat kepolisian pada Jumat dini hari, 31 Maret 2017 lalu jelang Aksi 313. Diketahui MAK -panggilan akrabnya- adalah penanggung jawab aksi tersebut. 

Aksi 313 digelar untuk menyampaikan aspirasi kepada Presiden Jokowi untuk menegakkan konstitusi dengan memberhentikan Gubernur DKI Jakarta Ahok yang telah berstatus senagai terdakwa dalam kasus penistaan agama. 

Kepolisian menuduh MAK beserta sejumlah orang yang ditangkap akan melakukan makar dengan menduduki DPR melalui gorong-gorong. Selain itu polisi juga menuduh massa berencana menabrakkan truk ke pintu gerbang DPR. Padahal, Aksi 313 dilakukan di depan Istana Negara Jakarta. 

red: shodiq ramadhan
 

0 Komentar