#KH Hasyim Muzadi Wafat

Innalillahi, Kyai Hasyim Muzadi Wafat

16 Maret 07:18 | Dilihat : 1962
  Innalillahi, Kyai Hasyim Muzadi Wafat Anggota Wantimpres, KH A Hasyim Muzadi, saat menyampaikan ceramah di Kementerian Pertahanan pada akhir tahun lalu.

Jakarta (SI Online) - Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Mantan Ketua Umum PBNU KH A Hasyim Muzadi dikabarkan wafat pada Kamis, 16 Maret 2017. Kyai Hasyim wafat di rumahnya, Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, Malang, Jawa Timur, pada pukul 06.15 WIB.

"Innalillahi wa innailaihi rajiuun, telah wafat guru kita, kyai kita tercinta KH Hasyim Muzadi hari ini Kamis jam 06.15 di ndalem PP Al Hikam. Semoga khusnul khatimah," demikian bunyi pesan singkat melalui WhatsApp yang diterima Suara Islam Online, Kamis (16/03) pagi. 

Dalam pesan yang lain disebutkan, menurut putra Kyai Hasyim, Ustaz Yusron Shidqi, rencananya jenazah akan diberangkatkan ke Pesantren Al Hikam Depok dari Malang usai Zuhur. "Akan dishalatkan di Masjid Al Hikam, usai setibanya di Pesantren," lanjut pesan itu. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui akun twitternya juga mengabarkan wafatnya Kyai Hasyim. "Telah wafat KH Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-Fatihaah," demikian cuit Menag Kamis pagi. 

Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi beserta istri ditemani Mensesneg Pratikno dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, membesuk Kyai Hasyim di rumahnya, Pesantren Al Hikam, Malang. Sebelumnya, Kyai Hasyim sempat dirawat di RS Lavalette, Kota Malang. 

KH A Hasyim Muzadi lahir di Tuban, 8 Agustus 1944. Kyai Hasyim menjabat Ketua Umum PBNU sejak Muktamar ke-30 di Lirboyo, Kediri pada 1999. Selanjutnya ia terpilih kembali pada Muktamar ke-31 di Boyolali hingga April 2010 lalu digantikan oleh KH Said Aqil Siradj. Pada 2004, Kyai Hasyim menjadi calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. 

Sebelumnya, pada 6 September 2015 lalu, kakak kandungnya, KH Muchit Muzadi, juga telah wafat pada usia 90 tahun. 

Selain mengasuh Pesantren Al Hikam Malang dan Depok, Kyai Hasyim hingga wafatnya juga merupakan Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Di pemerintahan Jokowi-JK ini, Kyai Hasyim diamanahi sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 

Allahummagh firlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu anhu....

red: shodiq ramadhan

0 Komentar