MUI : Pemerintah Wajib Sediakan Vaksin Halal untuk Imunisasi

Jumat, 11 Maret 2016 - 14:16 WIB | Dilihat : 1190
MUI : Pemerintah Wajib Sediakan Vaksin Halal untuk Imunisasi Ilustrasi

 

Jakarta (SI Online) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan sejumlah rekomendasi dalam fatwa Nomor Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi. Rekomendasi itu diberikan kepada pemerintah, produsen vaksin, orang tua dan masyarakat. 
 
Dalam fatwa bertanggal 13 Rabiul Akhir 1437 H/ 23 Januari 2016 itu, MUI merekomendasikan pemerintah wajib menjamin pemeliharaan kesehatan masyarakat, baik melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
 
Selain itu MUI juga mewajibkan pemerintah untuk menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi. Hal ini dilakukan karena vaksin yang dibuat untuk imunisasi selama ini belum memiliki sertifikasi halal. 
 
"Pemerintah wajib segera mengimplementasikan keharusan sertifikasi halal seluruh vaksin, termasuk meminta produsen untuk segera mengajukan sertifikasi produk vaksin," tulis MUI dalam fatwa yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Fatwa Prof Dr H Hasanuddin AF, MA dan Sekretaris Dr HM Asrorun Ni'am Sholeh, MA. 
 
Untuk melindungi masyarakat dari mengonsumsi bahan pangan dan obat-obatan haram, MUI tegas meminta produsen vaksin supaya memproduksi vaksin yang halal. 
 
"Produsen vaksin wajib mensertifikasi halal produk vaksin sesuai pertauran perundang-undangan," lanjutnya. 
 
Terkait dengan program imunisasi, MUI meminta pemerintah bersama tokoh agama dan masyarakat wajib melakukan sosialisasi pelaksanaan imunisasi.
 
"Orang tua dan masyarakat wajib menjaga kesehatan, termasuk dengan memberikan dukungan pelaksanaan imunisasi," pungkas rekomendasi fatwa itu.
 
red: farah abdillah
 
0 Komentar