Sudah 28 Militan Gugur, Mesir Akan Lanjutkan Operasi Sinai

12 Februari 23:58 | Dilihat : 344
Sudah 28 Militan Gugur, Mesir Akan Lanjutkan Operasi Sinai Operasi Militer Mesir di Sinai Utara ( Al-Arabiya)

Kairo (SI Online) -- Meski sudah membantai 28 militan dan menangkap 126 oposisi, tentara Mesir terus melanjutkan Operasi SInai, demikian diberitakan Al-Arabiya, Senin (12/2) mengutip pernyataan militer.

Operasi militer di Sinai dimulai   Jum'at (9/2) sebulan sebelum pemilu kepresidenan Mesir resmi digelar pada 26-28 Maret. Angkatan udara Mesir menghancurkan 60 sasaran militan, kata pernyataan tersebut. "Pesawat angkatan udara mendeteksi dan menghancurkan 60 target milik elemen-elemen militan setelah diberikan informasi dari badan intelijen," kata juru bicara militer Kolonel Tamer al-Rifai.

Juru bicara militer itu mengatakan mereka berhasil menjinakkan 23 alat peledak dan menyita 20 kendaraan dari pihak militan.

Pasukan keamanan Mesir membunuh 28 gerilyawan dan menangkap 126 orang dalam sebuah tindakan militer di Sinai, kata militer dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh TV Negara Bagian pada hari Senin (12/2). Tidak dijelaskan berapa korban dari pasukan Mesir dalam operasi tersebut.

Sesungguhnya ini  bagian dari kampanye untuk menghancurkan gerilyawan Islam yang dipersalahkan karena serangkaian serangannya. Presiden Abdel Fattah al-Sisi, yang berencana mengikuti  pemilihan  pada bulan Maret, memerintahkan angkatan bersenjata  untuk menumpas militan dalam waktu tiga bulan setelah sebuah serangan di sebuah masjid menewaskan lebih dari 300 orang pada November lalu.

Bulan lalu, Presiden Abdel-Fattah al-Sisi memerintahkan agar area 5 kilometer di sekitar bandara Al-Arish di Sinai segera dikosongkan. Area Sinai menjadi pusat pergolakan militan sejak 2013, ketika militer menggulingkan Mohamed Morsi - presiden yang dipilih secara demokratik pertama di Mesir.

Red : msa
Sumber : Al-Arabiya/Anadolu

0 Komentar