Gaza Diambang Bencana Ekonomi

16 Januari 17:44 | Dilihat : 339
Gaza Diambang Bencana Ekonomi ILustrasi Selamatkan Gaza

Gaza (SI Online) - Sejumlah Yayasan Khusus di Jalur Gaza mengkhawatirkan ledakan situasi akibat ambruknya perekonomian. Mereka menganggap lembaga internasional semuanya bertanggung jawab atas kondisi ini.

"Kenapa semua diam melihat penderitaan dan kesengsaraan kami sejak awal?. Kami telah sampai pada titik nol. Setiap saat kondisi ini bisa meledak. Betul memang kita katakan kepada semuanya, ledakan situasi tak mustahil lagi terjadi dan tidak ada celah lagi bagi kita untuk diam," ujar Walid Hisri, Ketua Kamar Dagang Gaza dalam konferensi persnya, Senin (15/1).

Hisri memperingatkan, Jalur Gaza khusus takkan membiarkan rakyat, perdagangan dan perekonomian mereka, pemuda dan para kadernya meminta-minta.

Dengan ini, ketua kamar dagang Gaza mengumumkan, sejak Senin (23/1) kami akan mogok massal, sebagai langkah awal akibatnya merosotnya perekonomian Gaza. Ia menganggap para pejabat Palestina dan lembaga internasional bertanggung jawab atas ambruknya ekonomi Gaza.

Ia menegaskan, sejumlah yayasan di Gaza telah mengirimkan surat kepada Presiden Palestina, Mahmud Abbas menjelaskan kondisi sulit saat ini. Mereka meminta Abbas segera intervensi menyelamatkan krisis Gaza.

Indeks perekonomian Gaza sampai pada level yang luar biasa, belum pernah terjadi sebelumnya. Pengangguran sampai pada 46 %. Jumlah pengangguran hamper seperempat juta jiwa. Kemiskinan melonjak hingga 65 % dan rawan pangan keluarga Palestina mencapai 50 %.

red: adhila
sumber: infopalestina

0 Komentar