#Selamatkan Al Quds

Intifadah Al-Quds Hari ke 4: 197 Korban Luka di Gaza dan Tepi Barat

Selasa, 12 Desember 2017 - 10:28 WIB | Dilihat : 325
Intifadah Al-Quds Hari ke 4: 197 Korban Luka di Gaza dan Tepi Barat Intifadah Palestina

Gaza (SI Online) - 97 warga mengalami luka-luka dalam sejumlah bentrokan dengan pasukan penjajah zionis, dalam rangkaian Intifadah kebebasan al-Quds hari ke 4, menolak keputusan Amerika mengakui al-Quds sebagai ibukota entitas zionis.

Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan, tim medis mereka melayani sekitar 157 korban luka di Palestina (144 di Tepi Barat dan 13 di Gaza). Sementara itu kementerian kesehatan di Gaza menyebutkan adanya peningkatan jumlah korban luka di Gaza mencapai 50 orang, termasuk 10 korban luka tembak peluru tajam dan gas air mata.

Bentrokan di Perlintasan Hawara

Sejumlah warga terluka akibat tembakan menggunakan peluru karet, Ahad kemarin dalam bentrokan dengan pasukan penjajah Israel di perlintasan Hawara, Nablus Selatan.

Menurut sumber di lapangan, pasukan penjajah zionis melancarkan tembakan ke arah warga yang berunjuk rasa di perlintasan Hawarah, memprotes keputusan Trump, 6 orang terluka, pasukan Israel menutup perlintasan dari dua arah.

Sementara 4 demonstran terluka di gerbang Birah, dan dirawat di lapangan, 4 lainnya luka tembak di Arub Hebron, dan 4 lainnya terkena gas air mata dalam bentrokan di Zawiyah.

Dua orang demonstran mengalami luka tembak dekat masjid Bilan bin Rabah Betlehem, dan 5 lainnya di kamp Ayida.

Bentrokan Tulkarm

Dua orang warga Palestina mengalami luka tembak peluru tajam dan 21 lainnya terkena gas air mata di Tulkarm.

Sumber di lapangan menginformasikan kepada koresponden Pusat Informasi Palestina, bentrokan berkecamuk di gerbang bagian Barat Tukarm, para pemuda berkumpul dalam aksi massa bersama mahasiswa universitas Palestina, menuju perlintasa dan kemudian terjadi bentrokan dengan pasukan zionis.

Pasukan Israel menembaki para demonstran menggunakan peluru karet dan gas air mata secara intensif, puluhan terkena gas air mata, dan satu orang mengalami luka tembak, yang memicu bentrokan makin sengit.

Bentrokan juga berlangsung di persimpangan Zaita kawasan Syarawiya Tulkarm, para pemuda Palestina melempari pasukan zionis dengan batu dan membakar ban, dan direspon dengan tembakan gas air mata.

Seorang mahasiswa menggelar atraksi membawa poster Trump berdarah, kemudian dibakar, para mahasiswa menegaskan aksi terus berlanjut sampai keputusan Trump dibatalkan.

Bentrokan Gaza

Jubir kementerian kesehatan di Gaza, Ashraf al Qudra melaporkan, 10 warga terluka tembak dan 40 lainnya terkena gas air mata dan langsung dirawat di lapangan.

Menurut Bulan Sabit Merah, 6 warga terluka tembak di Utara Jalur Gaza, seorang lainnya terkena tembakan gas di Gaza Timur, dan 3 lainnya terluka di Khan Younis Timur. Selang beberapa waktu kemudian koresponden Pusat Informasi Palestina melaporkan peningkatan jumlah korban mencapai 6 orang termasuk dua anak-anak, dan seorang di Rafah.

Bentrokan meluas di seluruh Palestina dan aksi demontrasi keras membela Al-Quds, memprotes deklarasi Amerika yang mengakui Al-Quds sebagai ibukota Israel, dan pemindahan kedubesnya kesana.

red: adhila
sumber: infopalestina

0 Komentar