#Selamatkan Rohingya

Bertemu Aung San Suu Kyi, PM Kanada Tanyakan Soal Rohingya

Selasa, 14 November 2017 - 16:54 WIB | Dilihat : 241
Bertemu Aung San Suu Kyi, PM Kanada Tanyakan Soal Rohingya PM Kanada Justin Trudeau bersama Aung San Suu Kyi. [foto: cbc.ca]

Manila (SI Online) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengangkat soal pengungsi Muslim Rohingya pada KTT pemimpin ASEAN dan Barat di Manila, Filipina. 

Saat bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi, Trudeau mengangkat masalah pengungsi Rohingya. "Masalah ini telah menjadi keprihatinan besar Kanada dan banyak sekali negara di seluruh dunia," kata  Trudeau.

Sekitar 600.000 warga Rohingya terpaksa mengungsi di berbagai kamp di Bangladesh sejak militer Myanmar melancarkan operasi pembersihan besar-besaran sebagai balasan atas serangan militan Rohingya pada 25 Agustus.

Derita yang dialami Rohingya telah membuat dunia marah, sampai-sampai muncul seruan agar Hadiah Nobel Perdamaian kepada Suu Kyi pada 1991, dicabut.

Tetapi, kecuali Malaysia yang paling keras bersuara soal Rohingya, ASEAN relatif membisu atas isu Rohingya karena ingin mempertahankan prinsip tidak mengintervensi masalah dalam negeri masing-masing anggota ASEAN.

sumber: ANTARA

0 Komentar