Warga Palestina Turun ke Jalan Kecam 100 Tahun Deklarasi Balfour

02 November 18:07 | Dilihat : 255
Warga Palestina Turun ke Jalan Kecam 100 Tahun Deklarasi Balfour Aksi warga Palestina kecam 100 tahun deklarasi Balfour

Ramallah (SI Online) - Ribuan warga Palestina turun ke jalan memperingati Deklarasi Balfour di seluruh wilayah Tepi Barat, Kamis (2/11/2017).

Aksi longmarch digelar dari pusat-pusat kota Nablus, Ramallah, Jenin, Betlehem, Hebron, Thubas, Jericho. Ribuan warga memenuhi jalan-jalan protokol yang juga diikuti oleh regu-regu pramuka. Sekolah-sekolah sempat diliburkan karena pegawai, guru dan pelajar ikut dalam aksi ini.

Semua peserta aksi berpakaian hitam, membawa bendera hitam, bendera Palestina, dan poster mengecam Deklarasi Balfour Inggris yang memberikan tanah Palestina kepada yahudi dan mereka meminta agar pemerintah Inggris meminta maaf kepada rakyat Palestina.

Anggota Komite Pelaksana PLO, Wasil Abu Yusuf menegaskan, pesan warga Palestina hari ini dalam aksi ini adalah menolak Deklarasi Balfour sebab itu janji seseorang yang tidak memiliki Palestina kepada yahudi yang tidak berhak.

Wasil menegaskan dalam aksinya di Ramallah, hari ini warga Palestina meminta kepada Inggris meminta maaf atas atas apa yang dilakukannya yang menyebabkan penderitaan kepada rakyat Palestina akibat deklarasi janji itu dan mengakui hak rakyat Palestina atas tanah airnya, mendirikan negara merdeka dengan ibukota Al-Quds.

Wasil menyatakan saat ini sudah dipersiapkan hukum untuk menuntut Inggris baik di pengadilan Inggris atau pengadilan internasional.

Dalam aksi di Ramallah, Menteri Pendidikan Palestina, Shabri Shaidam yang ikut aksi menegaskan, Inggris melakukan kesalahan besar terhadap bangsa Palestina, namun mereka masih ngotot kesalahannya itu karena justru memperingatinya sebagai hari yang membanggakan.

Ia mengisyaratkan peringatan yang dilakukan rakyat Palestina terhadap Deklarasi Balfour saat ini menegaskan bahwa rakyat Palestina tak akan lupa dari generasi ke generasi atas kejahatan tersebut.

Kamis 2 November adalah tepat 100 tahun lalu (1917) (James) Balfour, Menteri Luar Negeri Inggris mengeluarkan surat deklarasi yang dikirim kepada Lord Jacob Rothschild, bankir yahudi terkaya dunia itu untuk mendirikan negara kebangsaan yahudi mereka di Palestina yang kali itu di bawah mandat Inggris.

red: adhila
sumber: infopalestina

 

0 Komentar