#Selamatkan Rohingya

Pengungsi Rohingya di Coxs Bazar Terserang Berbagai Penyakit

Selasa, 24 Oktober 2017 - 15:51 WIB | Dilihat : 230
Pengungsi Rohingya di Coxs Bazar Terserang Berbagai Penyakit Tim Medis Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) di kamp Ukhiya, Kutapalong, Senin (23/10). 

Bangladesh (SI Online) - Kamp pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh, kini didera beragam permasalahan. Salah satunya adalah persoalan kesehatan.

Hampir tiap hari posko kesehatan tim medis Indonesian Humanitarian Alliance (IHA)  dipenuhi pengungsi yang mau berobat. Bermacam-macam penyakit yang diderita ribuan pengungsi Rohingya di kamp itu.

"Banyak yang terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut, kulit dan diare,” kata Dokter Angel Lelita, salah satu dokter yang tergabung Tim Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) di kamp Ukhiya, Kutapalong, Senin (23/10). 

Disebutkan tim medis IHA tiap harinya bisa melayani 150 sampai 350 pasien. “Mereka kebanyakan anak-anak, wanita, dan lansia,” tambah Mutia, salah seorang tim medis yang berasal dari Bandung.

Penyakit yang juga banyak menyerang pengungsii adalah kolera. Bahkan penyakit tersebut bisa menjadi wabah di kemudiaan hari.

Penyakit kulit tersebut lantaran para pengungsi jarang mengganti baju. Selain itu mereka juga terkendala dengan sanitasi dan kebersihan.

Sebgai informasi, tim medis yang tergabung dalam IHA terdiri dari sejumlah lembaga dan ormas, di antaranya, DPU Daarut Tauhid, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan lainnya. Tiap dua pekan IHA secara bergatian mengirimkan tim khusus untuk medis. 

Rep: Niesky
Red: shodiq ramadhan

0 Komentar