#Krisis Qatar

Selesaikan Konflik, Saudi Cs siap Dialog dengan Qatar

30 Juli 23:42 | Dilihat : 508
Selesaikan Konflik, Saudi Cs siap Dialog dengan Qatar Menteri Luar Negeri Bahrain Sheikh Khalid bin Ahmed al-Khalifa.

Manama (SI Online) - Sejumlah negara Teluk seperti Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir siap berdialog dengan Qatar untuk menyelesaikan konflik yang ada. Namun, dialog ini dapat digelar jika Doha menyetujui tuntutan tertentu.

Menteri Luar Negeri Bahrain Sheikh Khalid bin Ahmed al-Khalifa menuturkan, salah satu syarat yang harus dipenuhi Qatar adalah Doha harus menyatakan kesediaan untuk menghentikan pendanaan terhadap terorisme, dan siap berjuang bersama-sama untuk melawan teroris.

"Keempat negara tersebut siap berdialog dengan Qatar dengan syarat mereka mengumumkan kesediaannya yang tulus untuk menghentikan pendanaan terorisme dan ekstremisme dan komitmennya untuk tidak mencampuri urusan luar negeri negara lain dan menanggapi 13 tuntutan tersebut," kata al-Khalifa, seperti dilansir Reuters, Ahad (30/7).

Pernyataan al-Khalifa muncul setelah dia  bertemu dengan rekan-rekannya dari Saudi, UEA, dan Mesir untuk membahas perselisihan tersebut. Arab Saudi, UEA, Mesir dan Bahrain sebelumnya telah mengeluarkan daftar permintaan tuntutan terhadap Qatar.

Qatar sendiri sebelumnya telah beberapa kali menyampaikan permintaan untuk melakukan dialog dengan Saudi cs untuk membahas 13 tuntutan yang diajukan guna menyelesiakan masalah yang ada. Namun, permintaan itu selalu ditolak, dengan alasan tuntutan tersebut tidak bisa dinegosiasikan.

sumber: sindonews.com

1 Komentar