#Selamatkan Al Aqsha

Seluruh Fasilitas Pengawasan di Al Aqsha Dicopot, Warga Palestina Rayakan Kemenangan

27 Juli 21:55 | Dilihat : 1012
Seluruh Fasilitas Pengawasan di Al Aqsha Dicopot, Warga Palestina Rayakan Kemenangan Muslim Palestina merayakan kemenangan di Kompleks Masjid Al Aqsha, Kamis 27 Juli 2017.

Yerussalem (SI Online) - Para pemimpin otoritas pengelola Dewan Waqaf Islam Masjid Al-Aqsha meminta umat Islam merayakan kemenangan setelah Israel menarik semua fasilitas pengawasan, Kamis, 27 Juli 2017. Mereka juga menyarankan agar rakyat Palestina tetap shalat di dalam masjid tersebut. 

Kemenangan ini setelah Israel akhirnya membongkar semua perangkat keamanan yang dipasang di kompleks Al-Aqsha pada 14 Juli 2017 lalu. Mereka pun kembali salat di dalam masjid sejak Kamis sore. Sebelumnya mereka memilih salat di jalanan sebagai protes terhadap peningkatan keamanan di kompleks Al-Aqsha.

Seperti dilaporkan The Guardian dan Aljazeera, setelah membongkar detektor logam pada Selasa lalu, otoritas Israel, Kamis 27 Juli 2017 pagi waktu setempat melepas semua kamera pengintai. Selain itu juga pintu putar yang terpasang di sana sejak insiden tewasnya dua polisi Israel dua pekan lalu.

"Polisi telah mengembalikan penjagaan keamanan di kompleks Haram al-Sharif seperti sebelum terjadinya serangan teroris 14 Juli 2017," demikian pernyataan jubir Kepolisian Israel, Luba Samri, Kamis 27 Juli 2017, seperti dilaporkan The Guardian. 

Merespons keputusan Israel tersebut, pemimpin Palestina Mahmud Abbas dalam jumpa pers, Kamis, meminta warga Palestina untuk kembali salat di dalam masjid mulai Kamis sore. 

Sementara pemimpin senior Hamas, Izzat Risheq lewat akun Twitternya, seperti dikutip The Guardian, juga menyatakan suka cita setelah  Israel memeuhi semua tuntutan warga Palestina. "Palestina telah meraih kemenangan historis, ujarnya.

red: abu faza
 

1 Komentar