#Selamatkan Al Aqsha

Utusan PBB Ingatkan Situasi di Al-Quds Berpotensi Jadi Perang Agama

26 Juli 13:55 | Dilihat : 663
Utusan PBB Ingatkan Situasi di Al-Quds Berpotensi Jadi Perang Agama Pasukan Israel menembaki jamaah shalat warga Palestina

New York (SI Online) - Koordinator PBB untuk urusan perundingan damai di Timur Tengah, Niclay Mladinov menegaskan, perundingan politik antara Palestina dan Israel berdasarkan resolusi-resolusi PBB harus digulirkan. Ia memperingatkan, situasi di kota Al-Quds (Jerusalem) akan berubah dari konflik nasionalisme menjadi konflik agama.

Dalam sidang Dewan Keamanan PBB kemarin Selasa (25/7) Mladinov mengisyaratkan, permukiman Israel illegal berdasarkan hukum internasional dan merusak peluang perdamaian.

Terkait Gaza, koordinator PBB ini menyerukan kepada penjajah Israel agar mengambil langkah tegas untuk membuka blokade dari warga Palestina di sana.

Sikap Palestina

Sementara itu, delegasi Palestina di PBB, Riyadl Mansour memperingatkan akan terjadi hal yang sama yakni beralihnya koflik dengan Israel menjadi konflik agama karena Israel terus melakuman tindakan illegal di masjid Al-Aqsha.

Dubes Palestina ini mengatakan, perilaku Israel yang bernuansa permusuhan dan pelanggarannya terhadap status quo bersejarah di Masjid Al-Aqsha dan Al-Quds akan mencapai antiklimaksnya karena menyentuh kepada hal-hal sensitive dalam agama dan bisa berubah menjadi titik ledakan.

Terkait masa depan proses perdamaian antara Palestina dan Israel, Mansour menegaskan, Ototitas Palestina akan terus melakukan langkah positif dalam usaha menciptakan perdamaian dengan Israel.

 “Solusi yang didasarkan kepada pendirian dua negara di wilayah jajahan tahun 1967 akan tetap menjadi landasan utama bagi solusi adil dan integral berdasarkan Prakarsa Damai Arab dan resolusi-resolusi internasional.” Tegas Mansour.

Ia meminta anggota Dewan Keamanan PBB untuk bergerak membebaskan blokade Israel dari Jalur Gaza, karena wilayah itu sudah menjadi tidak layak hidup. 

red: adhila
sumber: aljazeera/pip

1 Komentar