Pejuang Suriah Siap Gabung Turki untuk Serang Kurdi

08 Juli 08:21 | Dilihat : 1029
 Pejuang Suriah Siap Gabung Turki untuk Serang Kurdi Ilustrasi: Masyarakat dan pejuang Suriah. [foto: npr.org]

Damaskus (SI Online) - Kelompok pejuang Suriah mengatakan bersiap untuk bergabung dengan militer Turki dalam sebuah serangan terhadap pasukan Kurdi di Suriah barat laut. Hal ini meningkatkan prospek front yang lain dalam konflik yang semakin kompleks. 

Menurut kelompok pejuang Suriah, tujuan pertempuran tersebut adalah untuk mendapatkan kembali sejumlah desa Arab di Suriah dekat perbatasan Turki yang disita oleh pejuang milisi yang dipimpin Kurdi pada tahun lalu.

"Ada operasi bersama yang ekstensif yang sedang kita siapkan dengan tentara Turki untuk mengusir milisi separatis ekstremis (Kurdi YPG) ini dari tanah kami," kata Mustafa Sejari, seorang pejabat senior di kelompok pejuang Liwa al-Mutasem yang didukung Barat dan Turki, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (8/7/2017).

Turki berusaha untuk menahan kelompok YPG Kurdi di Suriah. Ankara memandang kelompok YPG sebagai perpanjangan dari separatis Kurdi yang berjuang di dalam perbatasannya.

Menurut kelompok pemberontak, Turki telah menyebarkan tank, artileri dan tentara ke kota Suriah Azaz, kota terakhir sebelum perbatasan dengan Turki. Ini menandai penyebaran terbesar pasukan Turki ke Suriah sejak Ankara melancarkan serangan besar ke Suriah utara tahun lalu.

Kepala milisi YPG Kurdi Suriah mengatakan bahwa penyebaran militer Turki di dekat daerah yang dikuasai Kurdi di Suriah barat laut sebuah "deklarasi perang" yang dapat memicu bentrokan dalam beberapa hari.

sumber: sindonews.com

0 Komentar