#Krisis Qatar

Hormati Keamanan Regional, Qatar akan Tanggapi 13 Permintaan Saudi dkk

24 Juni 16:59 | Dilihat : 1085
Hormati Keamanan Regional, Qatar akan Tanggapi 13 Permintaan Saudi dkk Ilustrasi: Istana Negara Qatar. [foto: accsal.com]

Doha (SI Online) - Qatar menyebut tuntutan yang disampaikan oleh Arab Saudi dan sejumlah negara Teluk lainnya adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Namun demikian, Doha mengakui saat ini mereka sedang mengkaji daftar tuntutan tersebut. 

"Kami meninjau permintaan ini untuk menghormati keamanan regional dan akan ada tanggapan resmi dari Kementerian Luar Negeri kami," kata Sheikh Saif al-Thani, Direktur Kantor Komunikasi pemerintah Qatar, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Sabtu (24/6).

"Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson baru-baru ini meminta Arab Saudi dan negara-negara lain untuk membuat daftar keluhan yang masuk akal dan dapat ditindaklanjuti. Namun, sayangnya daftar ini tidak memenuhi kriteria itu," katanya.

Setidaknya ada 13 tuntutan dari negara-negara Arab kepada Qatar. Saudi cs memberi waktu 10 hari kepada Qatar untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Beberapa tuntutan itu adalah Doha harus memutuskan semua hubungan dengan organisasi seperti Ikhwanul Muslimin. Negara monarki kecil di Arab itu juga dituntut berhenti mendanai semua kelompok ekstremis yang dinyatakan sebagai "teroris" oleh Amerika Serikat (AS). 

Tuntutan itu dibuat Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir. Tak hanya organisasi, negara-negara Arab itu bahkan minta Qatar menyerahkan semua warga negara yang diburu empat negara itu atas tuduhan terorisme. Selain itu Saudi cs juga menutup pemerintah untuk menutup kantor berita Al Jazeera. 

sumber: sindonews.com
 

0 Komentar