#Marhaban Ya Ramadhan 1438H

1,8 Milyar Umat Islam se-Dunia Sambut Ramadhan

25 Mei 08:49 | Dilihat : 1079
 1,8 Milyar Umat Islam se-Dunia Sambut Ramadhan Pawai obor menyambut Ramadhan. [foto: okezone.com]

Jakarta (SI Online) - Umat Islam di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadhan. Pada Ramadhan, mereka diwajibkan untuk berpuasa sejak masuk waktu subuh hingga waktu berbuka puasa pada maghrib yang ditentukan sesuai dengan perhitungan waktu di wilayah masing-masing.

Waktu sahur dan buka puasa berbeda di berbagai belahan dunia, sesuai dengan perputaran, terbit  dan tenggelamnya matahari.

Di dunia diketahui kini ada sekitar 7,3 miliar penduduk dunia. Dari jumlah tersebut, maka sekitar 24 persen sebagaimana dikutip dari CNN.com adalah penduduk muslim. Jumlah itu diperkirakan hingga 1,8 miliar orang.

Secara ideal, maka sebanyak jumlah tersebut orang-orang yang menunaikan ibadah puasa minus anak-anak dan ibu hamil serta peziarah yang tak diwajibkan menunaikan puasa karena kondisi tertentu.

Sementara BBC.com juga pernah memberitakan, pada periode 2015-2060 diperkirakan penduduk dunia meningkat hingga 32 persen atau akan menjadi sekitar 9,6 persen.

Selama periode itu diperkirakan jumlah penduduk muslim akan meningkat pesat hingga 70 persen karena bertambahnya jumlah anak di pasangan-pasangan muslim dunia. 

Penelitian itu pernah dirilis oleh lembaga penelitian Amerika Serikat Pew Research Center pada 2016. Sementara pada saat ini, sepertiga atau 31 persen dari penduduk dunia disebutkan memeluk agama Kristen. 

red: farah abdillah

0 Komentar