Ribuan Muslim Turki Shalat di depan Hagia Sophia Tuntut Museum Dikonversi Jadi Masjid

15 Mei 08:48 | Dilihat : 1483
Ribuan Muslim Turki Shalat di depan Hagia Sophia Tuntut Museum Dikonversi  Jadi Masjid Muslim Turki Sholat di depan Hagia Sophia Tuntut Museum Dikonversi Jadi Masjid (Middleastupdate)

Istanbul (SI Online) - Ribuan Muslim Turki berkumpul di depan Hagia Sophia   menuntut Museum Nasional di Istanbul diubah menjadi masjid lagi. Mereka berkumpul di depan museum pada dini hari tanggal 13 Mei, sebelum melaksanakan shalat Subuh berjamaah di sana.

Dilansir  Middleastupdate (14/5),  Aksi tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Pemuda Anatolia (AGD), kelompok tersebut berkumpul di depan Hagia Sophia sekitar pukul 4 pagi dengan semboyan “Break the chains, Open Hagia Sophia,” dan melakukan shalat Subuh dengan seruan untuk mengkonversikan museum kembali sebagai sebuah masjid.

Hagia Sophia dibangun pada masa Bizantium  tahun 537, tahun awal dibangun, sampai tahun 1453, ketika Kekaisaran Ottoman menaklukkan kota tersebut. Hagia Sophia yang tadinya berfungsi sebagai gereja katedral Ortodoks Timur dan tempat kedudukan Patriarkat Constantinopole, kemudian diubah menjadi masjid oleh Ottoman sebelum Dikonversi ke museum pada tahun 1935.

AGD membuat seruan untuk menandai peringatan penaklukan tersebut. Sudah berkali-kali AGD membuat aksi tuntutan agar Hagia Sophia berfungsi kembali sebagai Masjid.

Tahun lalu AGD juga melakukan aksi yang sama. Namun cengkeraman kekuatan sekuleris Turki masih amat berpengaruh belum memungkinkan mengubah Hagia Sophia menjadi Masjid.

Seiring dengan naiknya pamor Islam Turki ke panggung kekuasaan, kemungkinan mengubah Hagia Sophia menjadi Masjid kini menjadi semakin terbuka lebar. Apalagi paska kudeta gagal kaum sekuler Turki atas kekuaasaan Presiden Erdogan yang dianggap mewakili aspirasi politik Islam, maka Hagia Sophia berfungsi menjadi Masjid agaknya bukan suatu impian yang sulit direalisasikan..

Red : msa/Middleastupdate

0 Komentar