Ahmadinejad Maju Lagi Jadi Capres Iran

12 April 20:28 | Dilihat : 913
Ahmadinejad Maju Lagi Jadi Capres Iran Mantan Presiden Iran, Ahmadinejad. [foto: wordpress]

Teheran (SI Online) - Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengumumkan dirinya telah mendaftarkan diri sebagai calon Presiden Iran. Langkah ini mengagetkan sejumlah kalangan. 

Seperti dilansir Reuters pada Rabu (12/4), Iran dijadwalkan menggelar pemilu pada 12 Mei mendatang. Pendaftaran untuk capres dan cawapres telah dibuka oleh Badan Pemilu Iran sejak Senin lalu, dan akan ditutup pada Jumat mendatang.

Langkah Ahmadinejad ini bisa terbilang mengejutkan, karena pada September tahun lalu dia mengatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai Presiden Iran. Keputusan Ahmadinejad kala itu datang setelah dia melakukan pertemuan dengan pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei. 

"Dalam melaksanakan niat pemimpin revolusi, saya tidak punya rencana untuk turut ambil bagian dalam pemilu tahun depan," kata Ahmadinejad kala itu.

Sejumlah pihak di Iran menyebut apa yang dilakukan Ahmadinejad ini adalah sebuah langkah yang sangat berani, dan hal ini disebut-sebut sebagai bentuk perlawanan terhadap Khamenei.

Ahmadinejad sendiri sudah dua kali menjabat sebagai Presiden Iran. Ia pertama kali terpilih sebagai Presiden pada 2005. Lalu pada 2009 dia kembali menang dalam pemilu Iran. Namun, kemenangan itu dianggap kontroversial, yang memicu protes terbesar di Iran dan memancing tindakan keras aparat keamanan, di mana beberapa orang tewas
dan ratusan lainnya ditangkap.  

red: abu faza

0 Komentar