#Referendum Konstitusi Turki

Usai Referendum Turki Rencanakan Tarik Permohonan sebagai Anggota Uni Eropa

26 Maret 18:07 | Dilihat : 2065
Usai Referendum Turki Rencanakan Tarik Permohonan sebagai Anggota Uni Eropa Presiden Erdogan

Ankara (SI Online) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pemerintah mungkin akan menarik permohonan sebagai anggota baru Uni Eropa (UE). Erdogan menyebut semua keputusan akan ditentukan setelah referendum pada 16 April mendatang. 

Berbicara dalam forum Inggris-Turki, Tatlidil Forum di provinsi Antalya, Erdogan menyatakan Turki akan meninjau hubungan dengan UE pasca referendum, dan mungkin saja akan mengikuti langkah Inggris untuk lepas dari UE.

"Anda (Inggris) telah membuat keputusan dengan Brexit, mungkin ada hal yang berbeda setelah 16 April," kata Erdogan dalam pernyataannya, seperti dilansir Anadolu Agency, Ahad (26/3).

"Kami memiliki referendum pada 16 April. Setelah itu, kita bisa mengadakan referendum seperti Brexit, mengenai negosiasi keanggotaan dengan UE. Apapun yang diputuskan bangsa kami, kami akan mematuhinya," sambungnya.

Referendum yang akan digelar Turki sendiri adalah referendum perubahan konstitusi di negara tersebut. Sejumlah negara Eropa menilai referendum ini ditujukan untuk memprkuat pengaruh dan kekuatan Erdogan dan partai yang dia pimpin di Turki. 

red: abu faza
 

0 Komentar