#Referendum Konstitusi Turki

Ribuan Warga Kurdi di Jerman Tentang Presiden Erdogan

20 Maret 05:10 | Dilihat : 680
Ribuan Warga Kurdi di Jerman Tentang Presiden Erdogan Ribuan warga suku Kurdi berunjuk rasa di Frankfurt, Jerman, pada Sabtu (18/3/2017).

Frankfurt (SI Online) - Ribuan warga suku Kurdi berunjuk rasa di Frankfurt, Jerman, pada Sabtu (18/3/2017). Mereka menentang Presiden Turki Tayyip Erdogan dan rencana referendum pada April, yang akan mereka nilai akan memperbesar kekuasaan Erdogan.

Pengunjuk rasa itu meneriakkan "Erdogan teroris" dan "kebebasan untuk Ocalan", mengacu pada Abdullah Ocalan, pemimpin kelompok pemberontak, Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dipenjara, dengan mengibarkan banyak bendera menampilkan wajah Ocalan. Padahal Uni Eropa dan Amerika Serikat sendiri menganggap PKK kelompok teroris dan keberadaan mereka dilarang di Jerman.

"Warga Eropa harus mendengar kami, berempati dengan penderitaan kami dan membantu kami. Akan lebih baik jika mereka memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Turki," kata pengunjuk rasa Sinan Anin.

Beberapa ratus polisi dikerahkan dalam unjuk rasa itu, dengan kepolisian mengatakan bahwa gerakan itu berjalan dengan damai.

Pada Rabu, Martin Schaefer, juru bicara Kementerian Luar Negeri, mengatakan bahwa pemerintah Jerman telah menyetujui pemungutan suara oleh sekitar 1,4 juta warga Turki yang bermukim di Jerman, dan yang memiliki hak untuk memberikan suara mereka pada referendum 16 April.

Erdogan mencari dukungan dari warga Turki yang tinggal di luar negeri untuk ikut berpartisipasi dalam referendum. 

Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel menuding, Erdogan telah mengambil keuntungan atas sentimen banyak orang terhadap warga asli Turki yang tinggal di Jerman, yang saat ini keberadaan mereka tidak diterima dengan baik.

red: farah abdillah
sumber : Reuters
 

0 Komentar